NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU MENJADI PEMUDA BERTAUHID BERAKHLAK BERPRESTASI KARYA AHMAD RIFA'I RIF'AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN

Achmad, Nur Rofiq (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU MENJADI PEMUDA BERTAUHID BERAKHLAK BERPRESTASI KARYA AHMAD RIFA'I RIF'AN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Achmad Nur Rofiq-4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sesuatu yang tidak bisa dilepaskan oleh umat manusia khususnya umat beragama. Sejatinya pendidikan adalah suatu proses perubahan tingkah laku menuju proses pendewasaan termasuk pola pikir individu, kelompok, golongan atau komunitas dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran atau pelatihan untuk menjadi insan yang berprestasi dan berakhlakul karimah. Peneliti memfokuskan dalam suatu pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat suatu nilai-nilai tentang pendidikan Islam tersendiri yang meliputi hakikat nilai, pendidikan Islam, macam-macam nilai-nilai pendidikan Islam yang semuanya terangkum dalam sebuah judul Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Buku Menjadi Pemuda Bertauhid Berakhlak Berprestasi Karya Ahmad Rifa’i Rif’an dan Relevansinya dengan Pembelajaran Buku Menjadi Pemuda Bertauhid Berakhlak Berprestasi ini sangat bagus dan menginspirasi serta memotivasi pembaca khususnya generasi muda untuk menciptakan generasi muda yang imannya teguh, akhlaknya indah dan prestasinya luar biasa, agar usia muda mampu bermanfaat untuk peran-peran besar memberikan kontribusi positif bagi keluarga, masyarakat, dan umat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang didapatkan melalui teknik baca, mendengar dan teknik catat sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan analisis isi (content analysis). Sumber data yang digunakan peneliti adalah mengambil dari sumber data primer dari buku menjadi pemuda bertauhid berakhlak berprestasi karya Ahmad Rifa’i Rif’an, sedangkan sumber data sekunder berupa buku-buku, jurnal, dan tulisan lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku menjadi pemuda bertauhid berakhlak berprestasi karya Ahmad Rifa’i Rif’an terdiri dari tiga komponen, yaitu: nilai aqidah tentang enam rukun iman, nilai akhlak yang meliputi akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada sesama, dan akhlak kepada orang tua, serta nilai ibadah yang meliputi sholat dan berdoa. Relevansinya dengan Pendidikan masa kini yakni materi PAI di SMP. Kata kunci : Nilai Pendidikan Islam, Buku Menjadi Pemuda Bertauhid Berakhlak Berprestasi, Ahmad Rifa’i Rif’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Buku Menjadi Pemuda Bertauhid Berakhlak Berprestasi
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ACHMAD NUR ROFIQ sdr
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:38
Last Modified: 23 Jun 2022 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item View Item