Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Atas Melalui Pendidikan Pembelajaran Kepramukaan di SDN 1 Kebanggan Kabupaten Banyumas

Nada Ayu, Widiyaningrum (2022) Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Atas Melalui Pendidikan Pembelajaran Kepramukaan di SDN 1 Kebanggan Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nada Ayu_Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Atas Melalui Pendidikan Pembelajaran Kepramukaan di SDN 1 Kebanggan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

enelitian ini berjudul “Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas Atas Melalui Pendidikan Pembelajaran Kepramukaan di SDN 1 Kebanggan Kabupaten Banyumas”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kedisiplinan peserta didik kelas atas melalui pendidikan pembelajaran kepramukaan di SDN 1 Kebanggan Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan metode observasi untuk memperoleh data tentang peningkatan kedisiplinan peserta didik kelas atas di SDN 1 Kebanggan Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya metode wawancara. Wawancara adalah bentuk komunikasi dengan maksud tertentu, komunikasi tersebut terjadi antara pewawancara (peneliti) dengan yang diwawancarai (responden). Wawancara berlangsung secara tatap muka sehingga peneliti dapat mengamati gerak dan mimik responden, yang mana ini juga dapat digunakan untuk melengkapi informasi mengenai peningkatan kedisiplinan di sekolah tersebut. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan SDN 1 Kebanggan dan catatan lapangan tentang peningkatan kedisiplinan peserta didik kelas atas melalui pendidikan pembelajaran kepramukaan SDN 1 Kebanggan Kabupaten Banyumas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kedisiplinan peserta didik kelas atas melalui pendidikan pembelajaran kepramukaan di SDN 1 Kebanggan Kabupaten Banyumas terjadi secara signifikan. Kedisiplinan yang meningkat diantaranya disiplin waktu, disiplin ibadah, disiplin sikap dan disiplin menaati peraturan. Adapun hasil dari peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui pendidikan pembelajaran kepramukaan diantaranya adalah peserta didik lebih disiplin dalam berpakaian,disiplin dalam keikutsertaan upacara bendera, kecepatan dan ketanggapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas, menerapkan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, lebih bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan oleh guru, dapat menempatkan diri dengan baik, juga lebih tanggap dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Pendidikan Kepramukaan, Kelas Atas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nada Ayu Widiyaningrum
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:34
Last Modified: 23 Jun 2022 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14213

Actions (login required)

View Item View Item