IMPLEMENTASI METODE SOSIO DRAMA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DAN PEMEROLEHAN KOSA KATA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Nur, Hidayah (2022) IMPLEMENTASI METODE SOSIO DRAMA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DAN PEMEROLEHAN KOSA KATA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN SAIZU.

[img]
Preview
Text
CETAK TESIS FIX_NUR HIDAYAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara menjadi peran penting dalam mewujudkan siswa yang interaktif dalam pembelajaran bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Maka dari itu, penggunaan metode sosio drama dalam proses pembelajaran menjadi salah satu metode yang digunakan pendidik untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisa penggunaan metode sosio drama dalam keterampilan berbicara dan pemerolehan kosa kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah Kaligondang, Purbalingga, dengan objek penelitian implementasi metode sosio drama dalam keterampilan berbicara dan pemerolehan kosa kata pada pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan meliputi, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni, Pertama, implementasi metode sosio drama pada pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa diberi kesempatan untuk berlatih secara langsung memerankan tokoh dalam drama. Melalui praktik langsung ini, meningkatkan keterampilan berbicara dan perolehan kosa kata Bahasa Indonesia, performansi guru dalam pembelajaran, serta aktivitas siswa. Kedua, keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kaligondang, Purbalingga mengalami peningkatan dimana siswa menjadi lebih aktif di kelas, berani bertanya, dan berani menjawab pertanyaan ketika guru bertanya, karena dengan metode sosiodrama ini peserta didik diberikan keleluasaan untuk berkomunikasi langsung dengan teman-temannya, sehingga mampu meningkatkan keterampilan berbicaranya. Ketiga, pemerolehan kosa kata bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kaligondang, Purbalingga, juga meningkat setelah menggunakan metode sosio drama dimana peserta didik lebih memahami berbagai macam kosa kata yang ada khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Kosa Kata, Metode Sosiodrama
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR HIDAYAH sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:16
Last Modified: 23 Jun 2022 07:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14207

Actions (login required)

View Item View Item