Nur, Hidayah (2022) IMPLEMENTASI METODE SOSIO DRAMA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA DAN PEMEROLEHAN KOSA KATA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MUHAMMADIYAH KALIGONDANG KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN SAIZU.
|
Text
CETAK TESIS FIX_NUR HIDAYAH.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan berbicara menjadi peran penting dalam mewujudkan siswa yang interaktif dalam pembelajaran bahasa, khususnya bahasa Indonesia. Maka dari itu, penggunaan metode sosio drama dalam proses pembelajaran menjadi salah satu metode yang digunakan pendidik untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisa penggunaan metode sosio drama dalam keterampilan berbicara dan pemerolehan kosa kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah Kaligondang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah Kaligondang, Purbalingga, dengan objek penelitian implementasi metode sosio drama dalam keterampilan berbicara dan pemerolehan kosa kata pada pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni, observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan meliputi, reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni, Pertama, implementasi metode sosio drama pada pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa diberi kesempatan untuk berlatih secara langsung memerankan tokoh dalam drama. Melalui praktik langsung ini, meningkatkan keterampilan berbicara dan perolehan kosa kata Bahasa Indonesia, performansi guru dalam pembelajaran, serta aktivitas siswa. Kedua, keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kaligondang, Purbalingga mengalami peningkatan dimana siswa menjadi lebih aktif di kelas, berani bertanya, dan berani menjawab pertanyaan ketika guru bertanya, karena dengan metode sosiodrama ini peserta didik diberikan keleluasaan untuk berkomunikasi langsung dengan teman-temannya, sehingga mampu meningkatkan keterampilan berbicaranya. Ketiga, pemerolehan kosa kata bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kaligondang, Purbalingga, juga meningkat setelah menggunakan metode sosio drama dimana peserta didik lebih memahami berbagai macam kosa kata yang ada khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Kosa Kata, Metode Sosiodrama |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NUR HIDAYAH sdri |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 07:16 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 07:16 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14207 |
Actions (login required)
View Item |