PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 “KEWAJIBAN DAN HAKKU” KELAS 3 DI MI MA’ARIF NU 02 TUNJUNGMULI KARANGMONCOL PURBALINGGA

RISMAWATI, RISMAWATI (2022) PENERAPAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 4 “KEWAJIBAN DAN HAKKU” KELAS 3 DI MI MA’ARIF NU 02 TUNJUNGMULI KARANGMONCOL PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SETELAH REVISI RISMAWATI 1817405173.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Untuk peserta didik tingkat rendah tahapan membacanya adalah membaca permulaan. Membaca permulaan pada peserta didik. kelas rendah merupakan pondasi dari tahapan membaca cepat,membaca ekstensif, dan membaca pemahaman yang sangat diperlukan pada kelas tingkat tinggi. Sehingga guru harus benar-benar mengasah kemampuan membaca peserta didik. Kemampuan membaca merupakan kesanggupan atau keterampilan yang harus dimiliki peserta didik agar mencapai tujuan dari membaca. Media dalam pembelajaran membaca juga belum dimanfaatkan sepenuhnya oleh guru. Pada penelitian ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada peserta didik mengenai penerapan media gambar, hal ini dikarenakan kedudukan media pembelajaran ada dalam komponen metode mengajar sebagai salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi guru dengan siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Salah satu penunjang pembelajaran membaca adalah mengajarkan keterampilan membaca seperti kartu huruf, gambar, big book, kalender cerita, dan buku bercerita bergambar. Media-media tersebut sangat mudah diperoleh ataupun dibuat sendiri oleh guru. Selain itu media diperlukan peserta didik agar dapat tercapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran tematik harus dikemas dengan media yang menarik misalnya menggunakan media gambar, agar anak-anak memiliki gambaran fakta di dalam otaknya pada saat proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan 3 teknik pengumpulan data yaitu observasi di sekolah, wawancara terhadap guru dan peserta didik, serta dokumentasi kegiatan di sekolah. Fokus penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana penerapan media gambar terhadap kemampuan membaca peserta didik dalam pembelajaran tematik tema 4 kelas 3 di MI Ma’arif NU 02 Tunjungmuli Karangmoncol Purbalingga. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar terhadap kemampuan membaca menunjukkan pengaruh yang baik, hal ini dibuktikan dengan antusias dan semangat siswa ketika membaca dengan media gambar. Selain itu peserta didik juga terlihat lebih paham dan juga termotivasi untuk membaca terhadap bacaan yang menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Kemampuan Membaca, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rismawati Rismawati
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:52
Last Modified: 23 Jun 2022 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14197

Actions (login required)

View Item View Item