IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI KHAERUL HUDA TEGALMUNDING DESA PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Tiska, Maisati (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI KHAERUL HUDA TEGALMUNDING DESA PRUWATAN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tiska Maisati_Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V MI Khaerul Huda Tegalmunding Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah inovasi pendidikan untuk mengatasi permasalahan karakter di Indonesia, dan sebagai bentuk reformasi pendidikan yang perlu dilaksanakan khusunya di jenjang sekolah dasar dengan melibatkan seluruh komponen sekolah agar terciptanya pembelajaran yang bermakna. Pembahasan dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yang membahas mengenai implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Tematik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini di MI Khaerul Huda Tegalmunding Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari data dari subjek penelitian sebagai sumber informasi yaitu Kepala Sekolah dan Guru Kelas V MI Khaerul Huda. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Tematik di kelas V MI Khaerul Huda Tegalmunding sudah berhasil diterapkan dengan baik. Keberhasilan guru dalam pembelajaran tematik berkarakter karena guru melaksanakannya secara sistematis melalui tahap perencanaan yang telah dirumuskan dalam bentuk Silabus, RPP, dan Indikator. Tahap pelaksanaan dalam bentuk penggunaan pendekatan saintifik yang memuat kegiatan membaca, menyimak berdiskusi. Dari kegiatan tersebut menumbuhkan nilai karketer yang ada dalam indikator seperti disiplin, tanggung jawab, kerja keras, serta penggunaan metode pembelajaran bervariasi yaitu ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan. Tahap penilaian dalam bentuk penilaian aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, MI Khaerul Huda Tegalmunding, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter, MI Khaerul Huda Tegalmunding, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: TISKA MAISATI sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 06:46
Last Modified: 23 Jun 2022 06:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14194

Actions (login required)

View Item View Item