Muthia, Khasanatunnisa (2022) RELEVANSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TEMBANG KINANTHI SERAT WEDHATAMA DENGAN MEDIA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Muthia Khasanatunnisa_Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Tembang Kinanthi Serat Wedhatama dengan Media Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis adanya nilai-nilai pendidikan karakter pada tembang macapat pupuh Kinanthi yang termuat dalam karya sastra berjudul Serat Wedhatama karya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IV dan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan relevansi atau hubungan antara nilai-nilai pendidikan karakter pada tembang macapat Kinanthi Serat Wedhatama dengan media pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian kualitatif jenis library research atau penelitian kepustakaan. Sumber data primer dari penelitian ini yaitu buku karya Ki Sabdacarakatama, kemudian sumber data sekunder penelitian ini yaitu buku karya Anjar Any. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu dengan menggunakan jenis analisis isi dengan pendekatan hermeneutika. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada tembang macapat Kinanthi Serat Wedhatama ditemukakan adanya nilai-nilai pendidikan karakter, selanjutnya relevansi antara tembang macapat Kinanthi Serat Wedhatama dengan pendidikan agama Islam yaitu tembang Kinanthi yang penuh dengan nilai-nilai pendidikan karakter ini dapat dijadikan menjadi salah satu media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter, Kinanthi Serat Wedhatama, Media Pendidikan |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muthia Khasanatunnisa |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:06 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |