PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LIFESTYLE DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP POLA KONSUMSI ISLAM (STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO)

Asta, Listiana (2022) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LIFESTYLE DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP POLA KONSUMSI ISLAM (STUDI KASUS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Asta Listiana_PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LIFESTYLE DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP POLA KONSUMSI ISLAM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada kehidupan manusia tentunya membutuhkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari baik berupa sandang, pangan, papan maupun hubungan sosial. Pada masa sekarang ini kebutuhan manusia menjadi sangat kompleks, hal tersebut disebabkan karena beriringan dengan sektor industri yang terus berkembang. Permasalahan yang terus terjadi pada setiap manusia yaitu dalam pemenuhan kehidupan sehari-harinya yang belum dapat membedakan mana yang prioritas dan bukan sehingga antara kebutuhan (needs) dengan keinginan (wants) cenderung sama. Kita sebagai umat muslim seharusnya dapat membedakan itu semua agar apa yang kita lakukan sesuai dengan pola konsumsi Islam Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh literasi keuangan, lifestyle dan pendapatan orang tua terhadap pola konsumsi Islam (Studi Kasus di Santri Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, korelasi rank spearman, koefisiensi konkordinasi Kendall W, dan analisis regresi ordinal diolah menggunakan program SPSS 16.0. Sampel berjumlah 84 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling atau dapat dikatakan acak yang dimana setiap santri mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai sampel. Berdasarkan analisis korelasi rank spearman menghasilkan korelasi literasi keuangan (0,570) lifestyle (-0,086) pendapatan orang tua (0,321) dengan nilai sig. 0,000 kecuali variabel lifestyle yang mempunyai nilai sig. 0,439 yang dapat disimpulkan bahwa literasi keuangan dan pendapatan orang tua secara parsial berpengaruh positif terhadap pola konsumsi Islam, sedangkan lifestyle secara parsial tidak berpengaruh terhadap pola konsumsi Islam. Hasil konkordinasi Kendall W menunjukkan hasil sebesar 0,797 yang membuktikan adanya korelasi antara variabel literasi keuangan, lifestyle, dan pendapatan orang tua dengan pola konsumsi Islam dengan arah yang positif. Pengujian regresi ordinal tabel model fitting information menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan, lifestyle, dan pendapatan orang tua secara simultan berpengaruh terhadap pola konsumsi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: literasi keuangan, lifestyle, pendapatan orang tua, pola konsumsi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Asta Listiana sdri
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:43
Last Modified: 23 Jun 2022 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item