DAKWAH SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PENGAJIAN RUTIN MANAQIB SYEKH ABDUL QODIR AL-JAILANI MWC NU KECAMATAN KETANGGUNGAN KEBUPATEN BREBES)

Muhammad, Adkhan Khabibulloh (2022) DAKWAH SEBAGAI PENGGERAK EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PENGAJIAN RUTIN MANAQIB SYEKH ABDUL QODIR AL-JAILANI MWC NU KECAMATAN KETANGGUNGAN KEBUPATEN BREBES). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FULL SKRPSI MUHAMMAD ADKHAN K.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manaqib Syekh Abdul Qodir al-Jailani atau yang biasa masyarakat Ketanggungan sebut Manaqib Kubro. Manaqib juga bisa dijadikan sebuah uswah dan pengetahuan ilmu. Melalui program kegiatan dakwah Manaqib Syekh Abdul Qodir al-Jailani yang dilaksanakan secara bergilir setiap satu bulan sekali di masing-masing Desa yang terdapat di Kecamatan Ketanggungan berdampak sangat positif. Dengan bermuhasabah mengenal kisah-kisah orang-orang shaleh masyarakat Ketanggungan makin kompak dan antusias untuk menyemarakan syiar Aswaja. Dengan kegiatan tersebut, MWC NU berhasil mengumpulkan ribuan jamaah dalam sekali melakukan kegiatan Manaqib. Selain itu, MWC NU berhasil menggerakkan ekonomi masyarakat. Terbukti, jamaah berhasil mengumpulkan infaq hingga puluhan juta dalam satu kali kegiatan. Dan menjadikan area penyelenggara UMKM nya tumbuh subur, dengan transaksi perputaran yang cepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mndeskripsikan dan menganalisa bagaimana strategi yang dilakukan Majelis Wakil Cabang NU Ketanggungan dan dampak perekonomian masyarakat Ketanggungan terutama masyarakat yang berdagang. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan kata-kata yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif yakni menggambarkan hasil penelitian secara naratif dan menggiunakan kata-kata yang mewakilkan seluruh isi hasil penelitian yang didapat dilapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa hal yang menyangkut meningkatnya perekonomian masyarakat dengan ribuan jamaah yang hadir dalam sekali pengajian, masyarakat tidak menyia-nyiakan peluang usaha yang ada. Dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki masyarakat berbondong-bondong untuk berdagang di sekitaran pengajian yang berlangsung. Pertama terbukanya peluang usaha bagi masyarakat sekitar, kedua bertambahnya penghasilan yang didapat oleh para pedagang dan yang ketiga adalah menjadikan bentuk promosi bagi pedagang yang baru saja merintis dagangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Ekonomi, Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, MWC NU
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Sdr Muhammad Adkhan kh
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:05
Last Modified: 23 Jun 2022 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item View Item