Hanif, Muliansyah (2022) KETERAMPILAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLEWAS KIDUL KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Hanif Muliansyah_KETERAMPILAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL P.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan guru dalam menggunakan media digital berbasis online pada masa pandemi COVID-19 ini merupakan salah satu hal yang penting di dalam proses pembelajaran, karena semakin terampil seorang guru dalam menggunakan media digital, maka pembelajaran akan semakin variatif, sehingga tidak menimbulkan kebosanan belajar peserta didik. Seperti halnya yang dilakukan oleh guru kelas IV A MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul di dalam menggunakan media digital berbasis online berbentuk aplikasi. Adapun aplikasi yang digunakan sebagai sarana pembelajaran daring yaitu: WhatsApp, Zoom, Google Form, dan Quizizz. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk meneliti keterampilan guru dalam penggunaan media digital sebagai sarana pembelajaran daring di MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan yang dimiliki guru dalam memanfaatkan teknoligi digital sebagai sarana pembelajaran daring, proses kegiatan pembelajaran di kelas IV A MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul, dan partisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Guru cukup terampil menggunakan beberapa aplikasi sebagai sarana pembelajaran, evaluasi, dan komunikasi seperti Zoom, WhatsApp, Google Form, dan Quizizz. 2) Kegiatan pembelajaran daring berlangsung dengan langkah: Pembelajaran di awali dengan guru mengirim pesan teks di grup WA yang isinya menyapa peserta didik, menanyakan kabar, mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, mengingatkan untuk melakukan kebiasaan baik berupa shalat duha, dzikir, dan murajaah, dan mengingatkan pembelajaran via Zoom Meeting dilakukan pada jam yang sudah ditentukan, serta guru mengirim link Zoom. 3) Guru membangun komunikasi dengan siswa dan wali siswa melalui WhatsApp grup. 4) Guru mengatasi kendala-kendala yang dialami selama pembelajran daring dengan cara berkomunikasi langsung dengan orang tua peserta didik, baik melalui panggilan telpon, pesan WhatsApp, maupun voice note. 5) Peserta didik yang turut berpartisipasi dalam pembelajaran daring dengan cara mengikuti pembelajaran via online
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Guru, Media Pembelajaran Digital, Pandemi COVID-19, dan MI Muhammadiyah Karanglewas Kidul |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hanif Hanif Muliansyah sdr |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 01:34 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 01:34 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14159 |
Actions (login required)
View Item |