ANALISIS KONTEN DAKWAH PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HANAN_ATTAKI(PERIODE JANUARI – MEI 2021)

VIKA MAYA, PRASDINA (2022) ANALISIS KONTEN DAKWAH PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HANAN_ATTAKI(PERIODE JANUARI – MEI 2021). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIKA MAYA PRASDINA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dakwah yang sedang fenomenal saat ini di media sosial salah satunya yaitu konten dakwah melalui akun instagram @hanan_attaki. Pada akun tersebut Isi materi ceramahnya dikemas menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan ringan dalam pembahasannya. Banyak sekali tema yang menarik untuk menarik perhatian khalayak. Kini dai menggunakan Instagram melalui kontennya sebagai alternatif dalam penyampaian berdakwah. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui beberapa pesan dakwah pada akun instagram @hanan_attaki. 2) Untuk mengetahui konten dakwah pada akun instagram @hanan_attaki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pada skripsi ini penulis menggunakan Analisis Isi dan Teori imbauan pesan oleh Jalaludin Rakhmat. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan juga dokumentasi. Analisis data menggunakan model alur Miles dan Hubermen yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil informasi yang relevan. Hasil penelitian pada skripsi ini menunjukan bahwa konten video dakwah yang diunggah oleh Ustadz Hanan Attaki tersebut terdapat Imbauan pesan oleh Jalaludin Rakhmat yang terbagi menjadi lima bagian yaitu: 1)Imbauan Pesan Rasional. Memberikan perumpamaan melalui imbauan pesan yang terkait dengan permasalahan maupun kejadian yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari. 2) Imbauan Pesan Emosional. Menjelaskan mengenai penjelasan maupun pernyataannya menyentuh emosi si komunikan tersebut. 3) Imbauan Pesan Takut. Dijelaskan melalui konten video dakwah yang terdapat pada akun @hanan_attaki terkait dengan penjelasan bahwa pada konten video diatas mengenai peringatan, mengancam dan juga mencemaskan. 4) Imbauan Pesan Ganjaran. Yang pada imbauan pesan ganjaran tersebut dijelaskan bahwa dalam konten video dakwah yaitu mengenai anjuran untuk dapat selalu melakukan kebaikan dalam kesehariannya dan juga harus bisa meningkatkan kualitas dalam kehidupannya. 5)Imbauan Pesan Motivasi. Pada imbauan motivasi tersebut dijelaskan yang ada pada konten tersebut bahwa Ustadz Hanan Attaki memberikan motivasi kepada mad’u untuk selalu berdo’a, bermunajat serta selalu taat kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: onten Dakwah, Akun Media Sosial, Instagram, Hanan Attaki
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Vika Maya Prasdina
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:21
Last Modified: 23 Jun 2022 01:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14153

Actions (login required)

View Item View Item