EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PENGUASAAN MUFRADAT PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ahmad Primananda, Reinaldo Adamas (2022) EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PENGUASAAN MUFRADAT PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AHMAD PRIMANANDA_EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK PENGUASAAN MUFRADAT PADA SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 20212022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab untuk penguasaan mufradat pada kelas VIII di MTs Negeri 1 Banjarnegara tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research yaitu dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data penelitian. Obyek penelitian ini diambil dari populasi siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Banjarnegara tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah sebanyak 249 anak. Adapun pengambilan sampel dilakukan secara random dengan menggunakan rumus Taro Yamanae sehingga diperoleh sejumlah 23 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain ialah tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen tersebut telah diuji keabsahannya melalui uji validitas empiris dan uji reliabilitas. Metode pengumpulan data berupa tes yang dilakukan 2 kali dengan menggunakan materi As-Sa‟ah. Adapun teknik analisis data penelitian dengan menggunakan software SPSS 22 for windows. Dari tabel uji paired sample t-test yang dilakukan pada dua instrumen yaitu angket dan tes dapat diketahui bahwa dalam hasil uji paired sample t-test pada angket didapatkan nilai thitung 1,576 dan nilai signifikansi 0,129. Menurut dasar perhitungan thitung > ttabel, maka 1,576 > 1,321 sehingga terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan masing-masing variable. Kemudian dikuatkan lagi pada uji paired sample t-test pada instrumen tes didapatkan thitung sebesar - 6,616 dengan nilai signifikansi 0,000. Menurut dasar pengambilan keputusan bahwa siginifikansi < 0.05 maka dapat dikatakan efektif. Dari dasar tersebut makan nilai signifikasi dari data diatas adalah 0,000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak sehingga Ha dapat diterima. Keputusan tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada siswa dalam penguasaan mufradat sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media audio visual. Maka penggunaan media audio visual efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan mufradat pada siswa kelas VIII MTs N 1 Banjarnegara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Audio Visual, Penguasaan Mufradat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ahmad Reinaldo Adamas sdr
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:53
Last Modified: 22 Jun 2022 03:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14127

Actions (login required)

View Item View Item