SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH AJIBARANG DAN SMP MA’ARIF NU 2 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Imam, Tobroni (2022) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH SECARA ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP MUHAMMADIYAH AJIBARANG DAN SMP MA’ARIF NU 2 AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged 1-134 tesis imamtobroni_201765007_MPIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Supervisi akademik kepala sekolah secara online pada masa pandemic covid-19 di SMP Muhammadiyah Ajibarang dan SMP Ma’arif NU 2 Ajibarang kabupaten Banyumas merupakan upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam pengelolaan pembelajaran yang pada gilirannya akan meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas peserta didik dan secara umum kualitas pendidikan pada masa pandemi. Kompetensi supervisi akademik kepala sekolah merupakan kompetensi yang sangat penting dikarenakan dengan kompetensi supervisi akademik yang baik maka hakikat pengertian supervisi akan tercapai yakni membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya. Kegiatan supervisi di SMP Muhammadiyah Ajibarang dan SMP Ma’arif NU 2 Ajibarang dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut dengan media online grup whatsapp, google classroom dan google meet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan reduksi kemudian disajikan lengkap dengan narasinya untuk disimpulkan. Melalui kegiatan supervisi akademik kepala sekolah secara online ini dapat memberikan manfaat bagi sekolah yaitu kualitas proses pembelajaran tetap terjaga dan bahkan meningkat meskipun pada masa pandemic. Hasil penelitian ini pada tahap perencanaan baik melalui grup whatsapp, google classroom, maupun google meet sudah sesuai diawali dengan penyusunan program. Pada tahap pelaksanaan melalui kegiatan pra observasi inilah tujuan supervisi akademik untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan cara kepala sekolah memberi masukan, bimbingan, dan mengembangkan kemampuan guru sehingga kompetensi guru meningkatkan dapat dicapai. Selanjutnya. melalui observasi nilah kepala sekolah dapat memonitor & memotivasi guru melaksanakan pembelajaran secara maksimal. Pada tahap pasca observasi ini juga guru mendapatkan manfaat supervisi berupa identifikasi keberhasilan dan kekuranganya, ketrampilan mengajar yang perlu ditingkatkan, ide-ide baru yang akan dilakukan untuk pembelajaran yang akan datang. Dan tahap tindak lanjut, menindaklanjuti apa-apa yang sudah dihasilkan ataupun temuan-temuan dari hasil supervisi, jenis-jenis tindak lanjut masing-masing guru bisa diketahui lewat laporan supervisi yang dibuat kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Secara Online, Kualitas Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imam Tobroni sdr
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:18
Last Modified: 30 Jan 2024 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item