milfana, ihsandi (2022) STRATEGI KOMUNIKASI AKUN “PONDOK ONLINE” DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SAIZU Purwokerto.
|
Text
MILFANA IHSANDI_STRATEGI KOMUNIKASI AKUN PONDOK ONLINE DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada awalnya covid-19 hanya berdampak pada bidang perekonomian, akan tetapi akibat sosial distensing yang di terapkan pemerintah, membuat kegiatan masyarakat yang berhubungan dengan keagamaan khususnya bagi umat muslim diindonesia yang mempunyai kegiatan keagamaan yang selalu dilakukan pada waktu tertentu seperti kajian islam di masjid, pengajian rutin, kegiatan pembelajaran agama islam dan beribadahan di masjid pun dibatasi serta pengajian di pondok-pondok pesantren terhenti. Untuk itu penulis tertarik untuk menyelidiki proses terjadinya komunikasi dalam berjalanya sistem dakwah pondok online, maka penulis membuat penelitian dengan judul Strategi Komunikasi Akun Pondok Online Dalam Mengelola Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti fokus pada Strategi Komunikasi Akun Pondok Online dalam mengelola media sosial saat pandemi Covid-19, dalam penggalian data diperlukan observasi yang baik dengan observasi dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan informasi berupa kata-kata untuk mendeskripsikan Strategi Komunikasi Akun Pondok Online dalam mengelola media sosial saat pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian dari akun pondok online. Strategi komunikasi yang dibuat oleh admin akun pondok online memiliki beberapa komponen metode komunikasi, klasifikasi mad’u, dan mengavaluasi. Dalam melaksanakan dakwahnya akun pondok online menganut pada metode pondok pesantren klasik, dimana pengajaran materi dakwah berlandas pada kitab klasik pesantren yang dibawakan melalui media sosial dengan kemasan privat melalui whatsapp yang kemudian dikolaborasikan dengan youtube dan facebook juga sebagai dokumentasi dari hasil privat tersebut. Sebagai pendorong kelancaran proses komunikasi, admin akun pondok online memahami karakter mad’u terlebih dahulu yang kemudian diklasifikasikan kedalam 3 kelas yakni pemula menengah dan khusus, dimana masing-masing kelas memiliki tingkatan tersendiri dalam pembelajarannya. Evaluasi yang dilakukan admin akun pondok online berlangsung rutin satu minggu sekali, hal ini bertujuan agar perbaikan dari berbagai masalah yang ada dapat segera terselesaikan dan tidak berpengaruh pada kegiatan pengkomunikasian materi dakwah yang disampaikan admin pondok online. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Media Sosial, Akun Pondok Online, Covid-19
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Media Sosial, Akun Pondok Online, Covid-19 |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Milfana ihsandi sdr |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:53 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 02:53 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |