Lulu Mungaliyatun, Maidah (2022) PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN IMPOR KOREA (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Lulu Mungaliyatun Maidah_Pengaruh Kesadaran Halal dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Korea (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berbagai faktor yang dipertimbangkan dengan latar belakang seorang muslim dalam membeli produk makanan impor Korea diantaranya adalah kesadaran halal dan labelisasi halal. Pembahasan dalam penelitian ini adalah permasalahan rendahnya kesadaran halal dalam mengkonsumsi makanan impor Korea yang dibuktikan dengan tidak memperhatikan adanya label halal dalam suatu kemasan produk makanan impor Korea. Hal tersebut bertentangan dengan teori dari hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwasanya semakin tinggi tingkat kesadaran halal dan labelisasi halal seseorang, maka akan semakin tinggi pula keputusan pembelian yang dilakukan oleh seseorang tersebut dalam mengkonsumsi suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal dan labelisasi halal baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk makanan impor Korea (studi pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu hubungan kausal. Adapun teknik pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dengan populasi yang dipakai adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan purposive sampling dengan sampel sebanyak 122 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan kesadaran halal dan labelisasi halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk makanan impor Korea pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Kata Kunci: Kesadaran Halal, Labelisasi Halal, dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Halal, Labelisasi Halal, dan Keputusan Pembelian |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior 300 Social sciences > 330 Economics 300 Social sciences > 330 Economics > 337 International economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Lulu Mungaliyatun Maidah |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:50 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 02:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14114 |
Actions (login required)
View Item |