PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS II MI MA'ARIF 01 TAMBAKSARI KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP DI ERA NEW NORMAL

Umi, Salamah (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA KELAS II MI MA'ARIF 01 TAMBAKSARI KECAMATAN KEDUNGREJA KABUPATEN CILACAP DI ERA NEW NORMAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FIX. SKRIPSI UMI SALAMAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Setelah mengalami Pandemi yang cukup lama, sektor pendidikan di Indonesia mengalami banyak kendala. Pembelajaran membaca yang dilaksanakan di sekolah dasar masih belum memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan membaca siswa yang masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan belum terlaksanakanya pembelajaran tatap muka secara maksimal di sekolah. Diduga juga sebagian guru masih menerapkan tatacara pembelajaran yang kurang tepat pada siswanya. Penelitian ini berfokus pada masalah-masalah yang terjadi dalam pembelajaran membaca di kelas II tingkat sekolah dasar dan juga upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis masalah-masalah dan juga untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengatasi problematika pembelajaran membaca yang terjadi di kelas II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah MI Ma’arif 01 Tambaksari, Kecamatan Kedungreja, Cilacap dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas II dan juga guru kelas II. Hasil penelitian terkait problematika pembelajaran membaca siswa kelas II di MI Ma’arif 01 Tambaksari di era new normal dapat diketahui dari sisi guru dan juga siswa. Problematika dari sisi guru meliputi proses pendahuluan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan juga pada evaluasi pembelajaran, sedangkan problematika dari sisi siswa diantaranya yaitu siswa masih kurang mengenali huruf, masih membaca kata per kata, kesalahan dalam memparafrase, penghilangan, pengulangan, kesulitan konsonan dan juga vocal yang dipengaruhi oleh faktor internal dan ekstrenal dari siswa. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika pembelajaran membaca siswa yaitu guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan strategi membaca bawah-atas dan memberikan bacaan-bacaan yang tergolong mudah bagi kelas II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Era New Normal, Problematika Pembelajaran Membaca
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umi Salamah sdri
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:43
Last Modified: 22 Jun 2022 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item View Item