NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM KITAB NGUDI SUSILO KARYA K.H. BISRI MUSTOFA

Eka Yuli, Andani (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DALAM KITAB NGUDI SUSILO KARYA K.H. BISRI MUSTOFA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Eka Yuli Andani_1817402007_Nilai-nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Kitab Ngudi Susilo karya K.H. Bisri Mustofa.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Nilai merupakan sesuatu yang berharga dan memberi makna pada hidup. Sedangkan pendidikan merupakan unsur utama dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa. Salah satu penanaman karakter tersebut adalah dengan menanamkan nilai budi pekerti. Masuknya teknologi yang masif di kalangan anak-anak dan orang dewasa menyebabkan mereka lebih suka mengonsumsi kebiasaan dan gaya hidup yang bebas. Banyak juga anggapan bahwa pihak pertama yang bertanggungjawab atas pendidikan budi pekerti ialah guru pendidikan Agama dan pendidikan kewarganegaraan saja. Krisis moral dan akhlak semakin berdampak pada kelangsungan hidup seseorang baik dalam pendidikan maupun kehidupan. Pentingnya penanaman budi pekerti sejak dini ternyata telah mendapatkan perhatian dari para ulama salah satunya yaitu K.H. Bisri Mustofa. Pemikiran-pemikiran beliau biasa dituangkan dalam bentuk karya. Salah satunya adalah kitab Ngudi Susilo yang membahas tentang akhlak dan budi pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai�nilai pendidikan budi pekerti dalam kitab Ngudi Susilo karya K.H. Bisri Mustofa dan relevansinya terhadap pendidikan budi pekerti di era sekarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif, dengan menggunakan penelitian kepustakaan. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, selanjutnya penulis menggunakan teknik analisis isi untuk menganalisa data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) nilai nilai pendidikan budi pekerti yang terdapat dalam kitab Ngudi Susilo adalah segala aspek dari unsur pendidikan di antaranya tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, materi pendidikan yang berisi nilai pendidikan budi pekerti dimensi keagamaan: ketakwaan dan dzikir, dimensi kemandirian: disiplin dalam mengatur waktu dan mengembangkan etos kerja dalam belajar, dimensi kemanusiaan: saling menghormati terhadap sesama, taat dan berbakti kepada guru, memiliki sikap sopan santun dan rasa malu, memiliki rasa saling menghargai diri sendiri dan orang lain, serta memiliki cita cita luhur dan berperilaku jujur., metode pendidikan dan lingkungan pendidikan. 2) terdapat relevansi nilai pendidikan budi pekerti terhadap pendidikan budi pekerti di era sekarang yaitu pendidikan anak, penguatan pendidikan karakter dan optimisme dalam mewujudkan cita-cita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Budi Pekerti, Kitab Ngudi Susilo
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eka Yuli Andani sdri
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:34
Last Modified: 22 Jun 2022 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item