Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Kelas II SD Negeri Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

Alkaromah, Wahyu (2022) Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Kelas II SD Negeri Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alkaromah_wahyu,_kompetensi_guru_dalam_melaksanakan_penilaian_autentik_pembelajaran_di_masa_pandemi_covid-19_kelas_II_SD_N_ledug[1] (pdf.io).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru dalam pendidikan sangat penting peranannya, karena guru adalah “garda terdepan” dalam pelaksanaan pendidikan. Dalam semua keadaan termasuk pada masa pandemi Covid-19, guru adalah orang yang berhadapan langsung dalam proses mentransferkan ilmu pengetahuannya kepada peserta didik baik tatap muka di sekolah maupun online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian autentik pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 kelas II SD Negeri Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian autentik pembelajaran yang mencakup penilaian kompetensi sikap peserta didik yaitu didasarkan pada sikap sosial dan religius. Kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian pengetahuan peserta didik didasarkan pada 2 jenis teknik penilaian yaitu teknik penilaian tertulis dan penugasan. Kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian keterampilan peserta didik dilakukan dengan 2 jenis teknik penilaian yaitu penilaian kinerja dan penilaian portofolio. Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 adalah adanya kurangnya motivasi semangat belajar dari peserta didik dan penilaian yang tidak dapat dilakukan secara langsung. Data penelitian ini digunakan sebagai acuan peningkatan kemampuan diri mereka dan sekaligus sebagai bekal karir kompetensinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Pandemi Covid-19, Penilaian Autentik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alkaromah Wahyu Agustin
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:25
Last Modified: 22 Jun 2022 02:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14097

Actions (login required)

View Item View Item