PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 1 MI MA'ARIF NU 2 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Ulfatun, Umami (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 1 MI MA'ARIF NU 2 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K. H SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
ULFATUN UMAMI_PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 1 MI MA'ARIF NU 2 SOKAWERA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS-1-105.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya. Keberhasilan pendidikan di sekolah salah satu faktornya karena keberhasilan orang tua dalam mendidik di rumah. Peran orang tua dalam memberikan motivasi belajar sejak dini memberikan pengaruh pada keberhasilan pendidikan anak di masa yang akan datang. Peserta didik dalam proses belajarnya membutuhkan motivasi atau dorongan untuk melakukan kegiatan belajar dari luar diri mereka. Salah satu faktor yang dapat memotivasi mereka belajar adalah kedua orang tua mereka. Kedua orang tua yang membiasakan untuk mendisiplinkan anak belajar juga memberi perhatian maka akan membuat peserta didik lebih termotivasi dalam proses belajar mereka. Di era pandemi seperti sekarang kareana adanya wabah Covid-19 yang mengharuskan siswa banyak belajar dari rumah dan banyak waktu dihabiskan belajar bersama orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca dan menulis siswa kelas 1MI Ma’arif NU 2 Al-Huda Sokawera? Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca dan menulis siswa kelas 1 MI Ma’arif NU 2 Al-Huda Sokawera Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas . Peran orang tua yang mereka terapkan dalam bentuk perhatian yang mereka berikan, fasilitas yang mereka berikan, dan hadiah sebagai apresiasi dari prestasi yang siswa peroleh di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian wali kelas 1 MI Ma’arif NU 2 Al-Huda Sokawera dan juga 5 orang wali murid yang dapat memberikan informasi terkait dengan masalah yang peneliti lakukan. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Miles dan Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian mengenai peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar membaca dan menulis pada siswa kelas 1 adalah, mereka menjalankan peran dengan bentuk memberikan perhatian belajar anak-anak mereka seperti menemani ketika anak belajar di rumah, mengajajari anak belajar membaca dan menulis dengan metode yang berbeda-beda, mengingatkan pelajaran yang akan dipelajari esok di sekolah, memberikan waktu belajar, memberikan fasilitas dalam proses belajar membaca dan menulis. Memberikan hadiah berupa hal atau barang yang anak sukai, membelikan makanan kesukaan atau hadiah lain. Dalam menegur kesalahan siswa, orang tua lebih memilih menasehati atau memberi teguran kepada anak. Dan bentuk peran lain yaitu orang tua memberikan fasilitas-fasilitas belajar yang dibutuhkan seperti alat tulis, meja belajar, buku bacaan, dan juga bimbingan belajar di luar sekolah. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Belajar Membaca dan Menulis, Masa pandemi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Belajar Membaca dan Menulis, Masa pandemi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfatun umami
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:08
Last Modified: 22 Jun 2022 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item View Item