IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA DI MI MUHAMMADIYAH PASIRMUNCANG KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

Mufti, Lusiana (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA DI MI MUHAMMADIYAH PASIRMUNCANG KECAMATAN PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mufti Lusiana_Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Kelas VA di MI Muhammadiyah Pasirmuncang Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian autententik merupakan bentuk penilaian yang terintegrasi dengan pembelajaran atau evaluasi dari hasil kegiatan belajar siswa pada disiplin ilmu Pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotor). Untuk mencapainya diperlukan berbagai teknik yang tepat agar bisa membuktikan bahwa siswa telah mencapai tujuan pembelajaran, lalu bagaimana implementasi penilaian autentik yang sesuai di MI Muhammadiyah Pasirmuncang. Inilah yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran tematik kelas VA di MI Muhammadiyah Pasirmuncang Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Sebagai penelitian kualitatif, data yang diperoleh merupakan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara secara lapangan (filed reaserch) dan bersifat deskriptif. Data yang dipakai adalah data primer yaitu hasil uji terhadap siswa kelas VA di MI Muhammadiyah Pasirmuncang. Adapun data sekunder adalah data yang berasal dari buku yang terkait dengan penilaian autentik dan jurnal-jurnal terkait dengan penelitian. Objek formal dalam penelitian adalah implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran tematik kelas VA di MI Muhammadiyah Pasirmuncang Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas tema 7 dan 8 dan subjek penelitian guru kelas dan peserta didik kelas VA. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sementara teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik yang dilaksanakan sudah sesuai dengan teori yang ada, hanya saja dalam proses penilaian dengan karakteristik penilaian autentik ada 2 jenis penilaian autentik yang data terlaksana dengan baik yaitu pengetahuan (kognitif) dan sikap (afektif) yang ditujukan dengan penilaian unjuk kerja dan penilaian tertulis, sedangkan untuk domain ketrampilan psikomotirik belum berjalan maksimal (penilaian portofolio) akibat pandemi Covid-19, hal ini didasarkan pada beberapa faktor baik dari dalam atau dari luar. Hal ini berimplikasi pada kurang terlaksananya tujuan mikro pendidikan nasional dalam membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beretika (beradab dan berwawasan budaya bangsa Indonesia), memiliki nalar (maju, cakap, cerdas, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab), berkemampuan komunikasi sosial (tertib dan sadar hukum, kooperatif, dan kompetitif, demokratis), dan berbadan sehat sehingga menjadi manusia mandiri. Kata Kunci: Penilaian autentik, Pembelajaran Tematik, MI Muhammadiyah Pasirmuncang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian autentik, Pembelajaran Tematik, MI Muhammadiyah Pasirmuncang
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mufti Lusiana sdri
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:40
Last Modified: 22 Jun 2022 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item