Analisis Grit dan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen

Yuliana, Yuliana (2022) Analisis Grit dan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yuliana_Analisis Grit dan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebuah konsep pertahanan diri sudah lama digagas oleh Angela Duckworth dalam teorinya yang bernama grit. Grit memandang bahwa kesuksesan seseorang bukan berdasarkan bakat, tapi ditentukan oleh consistency of interest (konsistensi minat) dan perseverance of effort (ketekuan dalam berusaha). Di dunia pendidikan, grit bisa dikaitkan dengan motivasi belajar siswa. Bagaimana siswa bisa mendapatkan motivasi belajar dengan mempertahankan grit-nya, terutama di masa pandemi covid-19 yang penuh tantangan ini. Prestasi adalah salah satu indikator keberhasilan belajar mengajar di sebuah sekolah. Madrasah Aliyah Negeri 4 Kebumen adalah salah satu madrasah yang tercacat selama pandemi mengalami lonjakan prestasi. Penelitian ini membahas bagaimana grit dan motivasi belajar siswa berprestasi di MAN 4 Kebumen selama mada pandemi ini. Kepala madrasah sebagai informan utama, guru pembimbing olimpiade dan riset sebagai informan tambahan. Dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumnetasi penelitian ini memfokuskan kepada siswa-siswa yang sudah berhasil mendapatkan medali selama pandemi ini. Adapun hasil penelitian menggambarkan bahwa grit siswa berprestasi bervariasi. Ketekunan mereka tergolong tinggi dibanding dengan passion. Karena sebagian siswa ada yang masih belum menentukan satu bidang minatnya. Kebanyakan siswa mengikuti tidak hanya satu mata pelajaran yang dilombakan, tapi dua atau lebih bahkan lintas jurusan. Adapun motivasi belajar siswa dalam meraih prestasi selama pandemi distimulus oleh pendidikan spiritual yang diajarkan guru pembimbing dan kepala madrasah memberi efek positif bagi siswa. Mereka semakin terbiasa dengan mindset berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Grit, Motivasi belajar, Pandemi covid-19, Prestasi, Siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Yuliana Y
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:07
Last Modified: 21 Jun 2022 04:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14050

Actions (login required)

View Item View Item