PELAKSANAAN PROGRAM GIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 35 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS

DITA ANISA, WARDANI (2022) PELAKSANAAN PROGRAM GIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA DINI DI TK DIPONEGORO 35 PAGERAJI CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dita Anisa Wardani (1522406042).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program gizi seimbang pada anak usia dini dan mengentahui apakah dengan pelaksanaan program gizi seimbang di sekolah meningkatkan kesadaran gizi terhadap anak usia dini. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti melakukan penelitian secara langsung untuk memperoleh informasi dan data sebanyak-banyaknya. Menggunakan penyajian data secara deskriptif untuk menggambarkan secara rinci apa yang terjadi di lapangan. Selain itu peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, anak dan orang tua. Sedangkan objek penelitian ini adalah program gizi seimbang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah dengan cara : observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian serta verifikasi. Kemudian untuk teknik keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi berupa triangulasi teknik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program gizi seimbang pada anak usia dini dilakukan dengan pemberian makanan tambahan oleh guru seperti kegiatan makan bersama setiap satu minggu sekali untuk peserta didik, pada kegiatan pembelajran anak dapat bermain peran sebagai penjual dan pembeli sayuran yang mengandung gizi, parenting tentang makanan gizi seimbang dari ahli gizi puskesmas kepada walimurid. Manfaat yang dapat diperoleh dari gizi yang seimbang pada anak adalah Dapat menentukan perkembangan otak dan kecerdasan pada anak. Untuk sistem imunitas atau kekebalan pada anak sehingga anak tidak mudah terserang penyakit, tidak mudah terserang infeksi terutama diare atau cacingan. Sebagai sumber tenaga bagi anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Pelaksanaan Program, Gizi Seimbang, Anak Usia Dini : Pelaksanaan Program, Gizi Seimbang, Anak Usia Dini Pelaksanaan Program, Gizi Seimbang, Anak Usia Dini
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: DITA ANISA WARDANI sdri
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:03
Last Modified: 21 Jun 2022 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item View Item