PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) LESTARI KELURAHAN BANCAR PURBALINGGA

ARI, PRABOWO PUTRA (2022) PEMBERDAYAAN IBU RUMAH TANGGA MELALUI KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) LESTARI KELURAHAN BANCAR PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AriPrabowoPutra_1522104009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah utama yang menjadi pusat perhatian Pemerintah Indonesia. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang dilakukan adalah melalui pemberdayaan ibu rumah tangga. Dalam sebuah keluarga, ibu rumah tangga tidak hanya berperan dalam ranah domestik, melainkan memiliki potensi untuk ikut memenuhi kebutuhan keluarga agar tercipta keluarga yang sejahtera. Pemerintah sendiri telah mengeluarkan kebijakan terkait pemberdayaan ibu rumah tangga melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). UPPKS merupakan wadah bagi ibu rumah tangga agar mampu menciptakan usaha ekonomi produktif yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga untuk menciptakan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Salah satu dari implementasi program tersebut adalah kelompok UPPKS Lestari yang berlokasi di Kelurahan Bancar Purbalingga. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan jenis field research, yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dan mendalam, dengan mengangkat data di lapangan, sehingga peneliti terjun langsung ke lapangan dalam penelitian ini guna mencari data dan fakta yang terjadi langsung. Data didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi pada kelompok UPPKS Lestari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan, strategi yang digunakan serta faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan dalam kelompok UPPKS Lestari Kelurahan Bancar Purbalingga. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan data menunjukkan bahwa proses pemberdayaan yang terjadi di kelompok UPPKS Lestari dilakukan dalam beberapa tahap, mula dari tahap persiapan sampai pada tahap evaluasi. Sementara itu, strategi pemberdayaan yang digunakan oleh kelompok UPPKS Lestari adalah dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas anggotanya. Lalu, Faktor pendukung pemberdayaan yang terdapat pada kelompok UPPKS Lestari merupakan dukungan dari pemerintah sekitar dan masyarakat, sedangkan faktor penghambatnya berasal dari dalam kelompok UPPKS Lestari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: UPPKS Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Kesejahteraan Keluarga
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ari Prabowo Putra sdr
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:41
Last Modified: 21 Jun 2022 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14027

Actions (login required)

View Item View Item