Analisis Kinerja Pemasaran Home Industry Tempe Ibu Naedah Untuk Mempertahankan Pendapatan Selama Covid-19 Di Desa Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas

Risa, Rahmadani (2022) Analisis Kinerja Pemasaran Home Industry Tempe Ibu Naedah Untuk Mempertahankan Pendapatan Selama Covid-19 Di Desa Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Risa Rahmadani NIM 1817201158.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Home industry tempe merupakan home industry yang bergerak dalam bidang industri pangan yang memproduksi tempe dengan bahan dasar kedelai. Selama covid-19 ini harga kedelai terus melonjak sehingga untuk mempertahankan pendapatan maka dibutuhkan adanya kinerja pemasaran pada home industry tempe Ibu Naedah. Industri ini didirikan oleh Ibu Naedah pada tahun 1977. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah bagaimana pendapatan home industry tempe Ibu Naedah selama covid-19 dan bagaimana kinerja pemasaran yang diterapkan oleh home industry Ibu Naedah untuk mempertahankan pendapatannya selama covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data dan waktu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mempertahankan pendapatan home industry tempe Ibu Naedah menerapkan pembelian secara langsung di pasar dan sistem online yaitu COD dan WhatsApp yang memudahkan konsumen dalam melakukan pembelian tempe. Kinerja pemasaran untuk mempertahankan pendapatan pada home industry tempe Ibu Naedah adalah dengan menerapkan analisis profitabilitas dan analisis produktivitas. Analisis profitabilitas yaitu home industry tempe Ibu Naedah melakukan identifikasi hubungan biaya-volume-laba dan melakukan penetapan anggaran pemasaran dengan memahami struktur produk, sedangkan analisis produktivitas yaitu melakukan eksperimen pasar dengan cara survei pasar yang dilakukan wawancara secara langsung dengan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja pemasaran, pendapatan, home industry
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Risa Rahmadani sdri
Date Deposited: 18 Jun 2022 03:06
Last Modified: 18 Jun 2022 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item