PEMBENTUKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SD ALAM PERWIRA PURBALINGGA

Ali, Wardana (2022) PEMBENTUKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SD ALAM PERWIRA PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.h. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ali Wardana Tesis Selesai.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berangkat dari fenomena tentang rendahnya kreativitas secara umum, serta lebih khusus lagi rendahnya kreativitas di dalam dunia pendidikan. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah terhadap hal ini, mulai dari penerbitan undang-undang sampai pergantian kurikulum yang dilakukan berkali-kali mulai dari pencanangan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) sampai pemberlakuan Kurikulum 2013 (Kurtilas) walaupun tingkat keberhasilan upaya tersebut belum terlalu menggembirakan. Maka perlu adanya usaha pembentukan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran secara terus menerus. Upaya pembentukan kreativitas peserta didik inilah yang sedang dilakukan oleh SD Alam Perwira Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mendesikripsikan dan menganalisa pembentukan kreativitas peserta didik di SD Alam Perwira Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi yang bersifat deskriptif, yaitu dengan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek apa adanya. Objek dalam penelitian ini adalah pembentukan kreativitas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data diperoleh dari melelui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembentukan kreativitas peserta didik di SD Alam Perwira Purbalingga dilakukan dengan pembuatan kurikulum dan muatanya, pelaksanaan pembelajaran, serta kegiatan terprogram sebagai upaya untuk membentuk kreativitas peserta didik di SD Alam Perwira Purbalingga. Kurikulum yang telah disusun kemudian diaplikasikan dengan pembelajaran yang meliputi perencanaan dengan mempelajari silabus, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan materi ajar, menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan strategi/metode pembelajaran dan menyiapkan sumber pembelajaran. Selain itu juga diprogramkan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang dapat menunjang pembentukan kreativitas peserta didik, diantaranya adalah market day dan outing. Kata kunci : Pembentukan, Kreativitas, Peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan, Kreativitas, Peserta didik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ali Wardana sdr
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:26
Last Modified: 21 Jun 2022 04:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13988

Actions (login required)

View Item View Item