PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI AGAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTs MA’ARIF NU 1 PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS

Miko, Priatin and UNSPECIFIED (2022) PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI AGAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI MTs MA’ARIF NU 1 PEKUNCEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN Prof.KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FULL TESIS__PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI AGAMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (1)-converted.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian mengkaji pentingnya pembelajaran literasi agama dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik, mengidentifikasi kecerdasan peserta didik pada jenjang MTs dan dampak pembelajaran literasi agama dalam mningkatkan kecerdasan peserta didik di MTs Ma’arif NU 1 Pekuncen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Peneliti mengkaji secara langsung di tempat penelitian untuk mengambil data penelitian. Metode pengambilan data yang dikakukan peneliti secara kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi di MTs Ma’arif NU 1 Pekuncen, wawancara terhadap kepala sekolah, kiai, guru agama, orang tua dan peserta didik, serta melakukan dokumentasi dengan mengumpulkan data berupa RPPH, RPPM, Kurikulum, dan lembar penilaian. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran literasi agama dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Ma’arif NU 1 Pekuncen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pembelajaran berbasis literasi agama di MTs Ma’arif NU 1 Pekuncen ini terbagi menjadi tiga pola pembelajaran berbasis literasi agama, yaitu pembelajaran literasi agama membaca, pembelajaran literasi agama menghafal, dan pembelajaran literasi agama menulis. 2) Kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Ma’arif NU 1 Pekuncen tergambarkan melalui sikap perilaku dan akhlaknya, yaitu: bertakwa, jujur, empati, menghargai diri sendiri, orang tua, guru, dan orang lain, serta berjiwa besar. 3) Dampak dari pembelajaran berbasis literasi agama menunjukkan adanya peningkatan terhadap kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Ma’arif NU 1 Pekuncen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MIKO PRIATIN
Date Deposited: 21 Jun 2022 01:24
Last Modified: 21 Jun 2022 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item View Item