IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Brecek Kecamatan Kaligondang Purbalingga)

Yessica Destiana, Armelita (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Brecek Kecamatan Kaligondang Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YESSICA DESTIANA ARMELITA_IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (879kB) | Preview

Abstract

Dalam rangka meningkatkan pendaftaran tanah di Indonesia, pemerintah melalui Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan nasional meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dengan target seluruh wilayah Indonesia. Dalam Pelaksanaan Program PTSL di Desa Brecek Kecamatan Kaligondang Purbalingga terjadi adanya permasalahan mengenai hak kepemilikan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Brecek Kecamatan Kaligondang Purbalingga serta menganalisis berdasarkan perspektif hukum Islam. Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis sosiologis, yaitu mengamati bagaimana peraturan perundang-undangan diterapkan dimasyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif analitis, yaitu penulis memaparkan dan menjelaskan data yang ditemukan dalam penelitian dan memaparkan fakta-fakta yang terjadi secara sistematis. Pelaksanaan program PTSL di Desa Brecek Kecamatan Kaligondang Purbalingga sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dengan memperhatikan asas-asas pendaftaran tanah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 Tentang Pendaftaran Tanah. Dengan adanya program PTSL ini dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam mendaftarkan tanahnya sehingga memperoleh sertifikat hak milik dengan biaya yang murah. Program PTSL ini telah memenuhi syarat-syarat yang dapat dijadikan sebagai pembentukan hukum berdasarkan konsep ih{ya>’al-mawa>t.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Hukum Islam
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Yessica Destiana Armelita sdri
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:14
Last Modified: 17 Jun 2022 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13960

Actions (login required)

View Item View Item