PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN COMPUTER BASED TEST PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Ida, Yuningsih (2022) PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN COMPUTER BASED TEST PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TESIS REPOSITORY.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Penilaian Computer Based Test pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Kembaran Kabupaten Banyumas didasarkan pada perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat khususnya bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pemanfatan sistem informasi manajemen penilaian Computer Based Test pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kembaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dari Miles dan Hubermen, yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Pada tahap akhir, data yang diperoleh akan diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data penelitian Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Penilaian Computer Based Test pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kembaran Kabupaten Banyumas dapat disimpulkan bahwa: (1) tahap perencanaan guru PAI sudah membuat perencanaan penilaian berupa kisi-kisi, soal, kunci jawaban, pedoman penilaian, kartu soal, dan soal sudah diseting sehingga siswa tidak dapat membuka aplikasi lain; (2) tahap pelaksanaan sudah berjalan sesuai perencanaan, dapat diakses oleh seluruh user, guru dan wali kelas dapat memantau jalannya penilaian; dan (3) hasil penilaian dapat diakses langsung oleh user secara objektif, akuntabel, informatif, dan cepat. Pemanfaatan SIM penilaian CBT pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Kembaran mempunyai kelemahan yaitu: (1) belum bisa digunakan untuk penilaian aspek psikomotor secara maksimal (baru sebatas karya siswa berbentuk video); dan (2) belum bisa digunakan untuk penilaian kognitif tes tulis berbentuk lisan uraian terbuka. Utilization of Management Information Systems Assessment of Computer Based Test on PAI subjects at SMPN 1 Kembaran Banyumas Regency is based on the very rapid development of information technology, especially in the field of education. This study aims to find out how the planning, implementation, and results of the utilization of the Computer Based Test assessment management information system on Islamic Religious Education subjects at SMPN 1 Kembaran. This research is a qualitative research with data collection techniques using interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used in this research is data analysis technique from Miles and Hubermen, namely; data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. In the final stage, the validity of the data obtained will be tested using the source triangulation technique. Based on the analysis of research data on Utilization of Management Information Systems for Computer Based Test Assessment on Islamic Religious Education subjects at SMPN 1 Kembaran, Banyumas Regenc can be concluded that: (1) the planning stage of PAI teachers have made assessment plans in the form of grids, questions, answer keys, assessment guidelines, question cards, and questions have been set so that students cannot open other applications; (2) the implementation stage has gone according to plan, can be accessed by all users, teachers and homeroom teachers can monitor the course of the assessment; and (3) the results of the assessment can be accessed directly by the user in an objective, accountable, informative, and fast manner. The use of SIM CBT assessment in PAI subjects at SMPN 1 Kembaran has weaknesses, namely: (1) it cannot be used to assess psychomotor aspects optimally (only limited to student work in the form of videos); and (2) can not be used for cognitive assessment written test in the form of an open oral description.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ida Yuningsih sdri
Date Deposited: 18 Jun 2022 01:56
Last Modified: 18 Jun 2022 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13945

Actions (login required)

View Item View Item