KOMODIFIKASI HALAL PADA IKLAN TOTAL CARE MOUTHWASH (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE)

Siti Arum, Rijeki (2022) KOMODIFIKASI HALAL PADA IKLAN TOTAL CARE MOUTHWASH (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Arum Rijeki_Komodifikasi Halal Pada Iklan Total Care Mouthwash (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama muslim, sejauh ini Indonesia memberikan sertifikat halal untuk berbagai macam jenis produk yang diperjual belikan sebagai jaminan agar masyarakat bisa menjalankan agamanya dengan tenang. Namun seiring berjalannya waktu sertifikat halal cendrung dimanfaatkan media untuk mengkomodifikasi nilai agama demi keuntungan semata. Problem dan fenomena ini muncul dalam sebuah iklan Total Care Mouthwash yang mengkomodifikasi nilai agama berupa kata halal. Adapun tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui ragam cara yang digunakan untuk mengkomodifikasi kata halal yang ditampilkan dalam sebuah iklan televisi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dimana video iklan di dapat dari youtube. Komodifikasi iklan Total Care Mouthwash diidentifikasi melalui analisis pemaknaan tanda menggunakan teori semiotika model Charles Sanders Pierce. Teori ini digunakan untuk mendapati adanya praktek komodifikasi pada iklan Total Care Mouthwash dengan cara mengklasifikasi tanda dengan segitiga makna atau triangle of meaning terdiri dari repretasement, object, dan interpretant. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya praktek komodifikasi pada iklan Total Care Mouthwash, khususnya pada komodifikasi halal. Pada dasarnya tanda pada iklan digunakan sebagai konsep cerita untuk memasarkan produk. Halal pada iklan Total Care Mouthwash disalah fungsikan, semula label halal digunakan sebagai jaminan aman terhadap produk menjadi nilai jual sebagai bahan menaikkan retting pada produk atau komersil. Kata Kunci : Komodifikasi, Iklan, Halal, Total Care Mounthwash

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Iklan, Halal, Total Care Mounthwash
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Arum Rijeki sdri
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:57
Last Modified: 17 Jun 2022 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13944

Actions (login required)

View Item View Item