INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 SUMPIUH

Rizka, Viviana (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 1 SUMPIUH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi-1817402030-Rizka Viviana.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kecerdasan sosial siswa serta proses internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembentukan kecerdasan sosial siswa di SMP Negeri 1 Sumpiuh. Penelitian yang dilakukan tergolong sebagai penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualtitafif deskriptif sebagai upaya menginterpretasikan hasil penelitian agar dapat dipahami lebih baik bagi para pembaca. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, pengisian angket, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya dengan melakukan reduksi data, penyajian data, serta dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembentukan kecerdasan sosial siswa SMP Negeri 1 Sumpiuh melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural telah dilaksakan melalui berbagai cara seperti sosialisasi, memberikan teladan, memberi nasehat, pembiasaan sikap sesuai nilai melalui kegiatan di dalam maupun di luar jam pembelajaran. Keberhasilan dalam membentuk kecerdasan sosial siswa ini ditandai dengan munculnya berbagai respon positif terhadap indikator kecerdasan sosial yang ditampakan dalam melakukan interaksi sosial sesuai dengan nilai-nilai pendidikan multikultural.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internaisasi Nilai, Pendidikan Multikultural, Kecerdasan Sosial
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizka Viviana sdr
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:33
Last Modified: 16 Jun 2022 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13921

Actions (login required)

View Item View Item