PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALISME DALAM KEGIATAN REMAJA ISLAM MASJID AL-KAUTSAR (RIMA) DI SMA NEGERI 1 CILACAP

Aliefia Chindiana, Putri (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER NASIONALISME DALAM KEGIATAN REMAJA ISLAM MASJID AL-KAUTSAR (RIMA) DI SMA NEGERI 1 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aliefia Chindiana Putri_Pembentukan Karakter Nasionalisme Dalam Kegiatan Remaja Islam Masjid Al-Kautsar (RIMA) Di SMA Negeri 1 Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi saat ini, permasalahan karakter sering terjadi bahkan semakin luntur karena adanya pengaruh dari kebudayaan barat yang masuk ke negara Indonesia. Hal tersebut mengakibatkan merosotnya karakter pada peserta didik khususnya pada usia remaja sekarang. Salah satu karakter yang penting bagi peserta didik yaitu karakter nasionalisme. Karakter nasionalisme ini memiliki posisi yang sangat penting bagi peserta didik, karena tanpa adanya nasionalisme seseorang tidak akan memiliki rasa mencintai terhadap bangsa dan negaranya, tidak memiliki rasa toleransi di tengah-tengah keberagaman bahkan lebih mencintai kebudayaan barat dibandingkan kebudayaan negara sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kegiatan Remaja Islam Masjid Al-Kautsar (RIMA) di SMA Negeri 1 Cilacap dan mengetahui pelaksanaan pembentukan karakter nasionalisme dalam kegiatan Remaja Islam Masjid Al-Kautsar (RIMA) di SMA Negeri 1 Cilacap. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang penulis gunakan dalam mengumpulkan data yaitu menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data penulis melakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa Kegiatan Remaja Islam Masjid Al-Kautsar (RIMA) di SMA Negeri 1 Cilacap yang dapat membentuk karakter nasionalisme yaitu terdapat MARS (Musyawarah Anggota RIMA SMANIC), MAKESTA (Masa Kesetiaan Anggota), Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), Tadabbur Alam, Akhirussanah, Gema Ramadhan, Literasi Tadarus Pagi, Kantin Kejujuran, Pelatihan Hadroh, dan Rapat Rutin. Proses kegiatan Remaja Islam Masjid Al-Kautsar di SMA Negeri 1 Cilacap yang sudah terlaksana disertai pembentukan dari karakter nasionalisme yang terdiri dari bangga sebagai bangsa Indonesia, rela berkorban demi bangsa, cinta tanah air dan bangsa, bangga memiliki keanekaragaman budaya, mengutamakan kepentingan umum, menghargai jasa pahlawan, dan menerima kemajemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter, Karakter Nasionalisme, Remaja Masjid.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aliefia Chindiana Putri sdr
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:19
Last Modified: 14 Jun 2022 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13892

Actions (login required)

View Item View Item