Dewi, Fentyaningsih (2022) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI ERA NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V B SD NEGERI KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Skripsi-Dewi Fentyaningsih-1817405055.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran tematik di era new normal pasca pandemi covid-19 di kelas V B SD Negeri Kembaran merupakan salah satu metode pembelajaran yang menciptakan suasana belajar dan menghidupkan kembali semangat siswa yang sudah lama belajar secara daring di tengah pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Pemberian Tugas Pada Pembelajaran Tematik Di Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 di Kelas V B SD Negeri Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas V B, siswa kelas V B, dan Kepala Sekolah SD Negeri Kembaran. Kemudian analisis data menggunakan model dari Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Pemberian Tugas Pada Pembelajaran Tematik di Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 di Kelas V B SD Negeri Kembaran Kabupaten Banyumas terdiri dari tiga fase. Tahap perencanaan, guru menyusun RPP sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran, menentukan indikator dan tujuan yang akan dicapai, merancang materi, membuat indikator penilaian, serta membuat bahan penugasan. Tahap pelaksanaan guru melakukan kegiatan tiga fase, yaitu pemberian tugas, pelaksanaan tugas, dan mempertanggungjawabkan tugas. Pada fase pemberian tugas guru memberikan petunjuk yang jelas, sesuai dengan kemampuan siswa, pemberian waktu yang cukup dalam mengerjakan. Pada fase pelaksanaan tugas guru memberi arahan, pengawasan dan motivasi apabila ada hal yang mempengaruhi pelaksanaan tugas. Pada fase mempertanggungjawabkan tugas, guru memberikan penilaian dan diksusi terkait tugas yang telah dikerjakan. Pada tahap evaluasi, guru mengadakan penilaian formatif dan penilaian sumatif serta sikap dan keterampilan siswa. Penilaian formatif dilakukan saat siswa selesai mengerjakan tugas kemudian dibahas secara bersama dan dilakukan penilain. Salah satu faktor pendukung pemberian yaitu adanya situasi pandemi dan kemauan siswa yang muncul dari dalam diri siswa dan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dalam pembelajaran. Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pemberian Tugas, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dewi Fentyaningsih |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 01:12 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 01:12 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13890 |
Actions (login required)
View Item |