ANALISIS STRATEGI BERSAING BISNIS PENERBITAN DENGAN METODE SWOT (STUDI KASUS PADA PENERBIT RUMAH KREATIF WADAS KELIR KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN)

Laela, Meisaroh (2022) ANALISIS STRATEGI BERSAING BISNIS PENERBITAN DENGAN METODE SWOT (STUDI KASUS PADA PENERBIT RUMAH KREATIF WADAS KELIR KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LAELA MEISAROH_ANALISIS STRATEGI BERSAING BISNIS PENERBITAN DENGAN METODE SWOT (STUDI KASUS PADA PENERBIT RUMAH KREATIF WADAS KELIR KARANGKLESEM PURWOKERTO SELATAN).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bisnis Penerbitan merupakan bisnis yang paling di gandrungi oleh masyarakat umum, di samping banyaknya mahasiswa dan siswa yang membutuhkan buku sebagai acuan, bisnis ini juga memiliki profit margin yang relatif besar. Seiring perkembangan teknologi yang membuat mudahnya promosi membuat bisnis ini memiliki banyak pesaing. Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir merupakan salah satu bisnis yang bergerak pada bidang penerbitan dan memiliki banyak pesaing yang masing – masing memiliki cara tersendiri untuk menarik konsumen. Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir mampu bersaing dengan para persaingnya hingga saat ini walau letak bisnis tersebut kurang strategis dan tergolong masih baru namun memiliki value tersendiri dimata konsumen. Sehingga untuk tetap mempertahankan usahanya dan meningkatkan omsetnya sangat diperlukan strategi bersaing yang tepat dan dapat mengenali lingkungannya. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT untuk menentukan strategi yang tepat melalui lingkungan eksternal dan internal industri. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi apa yang telah diterapkan Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir dan memberikan alternatif strategi yang sesuai dengan posisi dan keadaan perusahaan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapang (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yaitu interview dan observasi serta sekunder yaitu dokumen penjualan,foto, dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data diolah menggunakan alat analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari perushaan yang kemudian dianalisis untuk menyusun strategi bersaing yang tepat pada Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir. Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa strategi bersaing bisnis penerbitan rumah kreatif wadas kelir yang diterapkan adalah strategi kepemimpinan biaya, strategi diferensiasi dan strategi fokus. Kemudian melalui matrik SWOT, strategi yang tepat untuk diterapkan pada Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir dimasa sekarang maupun yang akan datang adalah strategi W-O dengan memanfaatkan peluang yang ada untuk memperbaiki serta mengurangi kelemahan yang ada. Kata Kunci : Strategi Bersaing, Analisis SWOT, Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir, Purwokerto

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Analisis SWOT, Penerbit Rumah Kreatif Wadas Kelir, Purwokerto
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Laela meisaroh sdri
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:29
Last Modified: 13 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13880

Actions (login required)

View Item View Item