PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Novita, Cahyaning Tyas (2022) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NOVITA CAHYANING TYAS_PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. keputusan pembelian konsumen berarti, keyakinan dalam membeli produk sesudah mengerti informasinya, mengambil keputusan membeli karena merek favoritnya, membeli berdasarkan keinginan dan kebutuhan, serta membeli dikarenakan rekomendasi dari orang lain. Kotler (2005) menyatakan bahwa perilaku pembelian konsumen dalam melakukan keputusan pembelian dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis. Salah satu budaya yang sedang berkembang di era marketing 4.0 adalah social media marketing. Keputusan konsumen juga dipengaruhi oleh nilai inti, yaitu sistem kepercayaan yang melandasi sikap dan perilaku konsumen, seperti perilaku kesadaran halal. Dalam penelitian ini masalah umum yang dikemukakan adalah seberapa besar pengaruh social media marketing dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian khusunya pada produk makanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif atau penelitian lapangan (field researsch). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari variabel social media marketing dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, dengan jumlah sampel sebanyak 117 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu aplikasi SPSS 26 for windows. Hasil penelitian pada uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel social media marketing dan variabel kesadaran halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan berdasarkan hasil uji f menunjukkan bahwa variabel social media marketing dan variabel kesadaran halal secara simultan (secara bersama – sama) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk makanan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Kata Kunci: Social Media Marketing, Kesadaran Halal, Keputusan Pembelian, Produk Makanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Kesadaran Halal, Keputusan Pembelian, Produk Makanan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Novita Cahyaning Tyas
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:18
Last Modified: 13 Jun 2022 04:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item View Item