HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA AL-QURAN DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN SANTRI TAHFIDZ PONDOK PESANTREN FATKHUL MU’IN BUMEN BUMIREJO KEC. MOJOTENGAH KAB. WONOSOBO

Nuri Isnaeni, Arifudin (2022) HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA AL-QURAN DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN SANTRI TAHFIDZ PONDOK PESANTREN FATKHUL MU’IN BUMEN BUMIREJO KEC. MOJOTENGAH KAB. WONOSOBO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURI ISNAENI ARIFUDIN_HUBUNGAN INTENSITAS MEMBACA AL-QURAN DENGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QURAN SANTRI TAHFIDZ PONDOK PESANTREN FATKHUL MU'IN BUMEN BUMIREJO KEC. MOJOTENGAH KAB. WONOSOBO.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Intensitas membaca Al-Quran santri merupakan segala tenaga yang dikerahkan oleh seorang santri dalam membaca Al-Quran. Kemampuan menghafal Al-Quran dapat diperoleh santri dengan berbagai cara seperti mendengarkan murotal, menyimak orang lain hafalan, menirukan lalu menghafalkan dan lain sebagainya. Seseorang yang intens membaca akan mendapat peluang lebih untuk dapat menghafalkan bacaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas membaca Al-Quran dengan kemampuan menghafal Al-Quran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah semua santri Tahfidz pondok pesantren Fatkhul Mu’in sebanyak 40 santri. Tempat yang digunakan sebagai penelitian adalah di Pondok Pesantren Fatkhul Mu’in Bumen Bumirejo Kec. Mojotengah Kab. Wonosobo. Adapun Teknik analisis data yang digunakan adalah mengunakan analisis korelasi dengan rumus Corelation Product Moment dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan ada korelasi secara signifikan antara intensitas membaca Al-Quran dengan kemampuan menghafal Al-Quran Tahfidz Pondok Pesantren Fatkhul Mu’in sebesar 0,000 pada taraf Sig < 0.05 sehingga hipotesis ada korelasi intensitas membaca Al-Quran dengan kemampuan menghafal Al-Quran dapat di terima. Berdasarkan pada analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. < 0.05 yang artinya ada hubungan intensitas membaca Al-Quran dengan kemampuan menghafal Al-Quran. Dapat dilihat bahwa nilai korelasinya bersifat positif, berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi, nilai 0,694 berada pada kualifikasi pada rentang 0.60-0.799 atau pada kualifikasi kuat. Jadi hubungan antara intensitas membaca Al-Quran dengan kemampuan menghafal Al-Quran Santri hubungannya kuat. Semakin tinggi tingkat intensitas membaca Al-Quran maka akan semakin tinggi pula kemampuan menghafal Al-Quran santri, begitupun sebaliknya. Kata Kunci: Intensitas, Membaca, Kemampuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Membaca, Kemampuan
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuri Isnaeni Arifudin
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:04
Last Modified: 13 Jun 2022 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13857

Actions (login required)

View Item View Item