PENDIDIKAN NILAI MODERASI BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ETIKA SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO (Education Values of Religion Moderation and The Implications on Social Ethics of Student at Darussalam Islamic Boarding School Dukuhwaluh Purwokerto)

Iis, Sugiarti (2022) PENDIDIKAN NILAI MODERASI BERAGAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ETIKA SOSIAL SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTO (Education Values of Religion Moderation and The Implications on Social Ethics of Student at Darussalam Islamic Boarding School Dukuhwaluh Purwokerto). Masters thesis, Pascasarjana UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
191766029-Tesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Di era post truth ini, fenomena ektrimisme-fundamentalisme semakin mencuat ke ranah publik. Hal tersebut tentu menimbulkan kegaduhan dan mempengaruhi pola pikir masyarakat yang kurang mempunyai pegangan keyakinan yang kuat. Maka Pesantren dalam hal ini memegang peran yang sangat strategis dalam penginternalisasian moderasi beragama sebagai tandingan dari gejala ekstrimisme yang terjadi. Hal tersebut didasarkan pada kontribusi yang signifikan dalam pengajaran keagamaan yang moderat dalam kerangka pendidikan Islam. Maka hal ini menarik untuk dikaji, untuk menguatkan pesantren sebagai core value dari moderasi beragama. Penelitian ini mengambil lokus di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Metode yang digunakan ialah paradigma kualitatif dengan pendekatan fenomenologi-sosiologis. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam semi terstruktur dan telaah dokumentasi. Data yang telah didapat kemudian disajikan secara deskriptif-analitik dengan cara reduksi data, display data dan verifikasi data. Adapun tujuan penelitian ini adalah menemukan bentuk nilai-nilai moderasi beragama, proses pendidikan nilai moderasi beragama dan implikasinya terhadap etika sosial santri di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk nilai-nilai moderasi beragama yang teraktualisasikan di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto diantaranya yaitu: tawazun (seimbang), tawassuth (mengabil jalan tengah), i’tidal (adil), tasamuh (toleransi), syura (musyawarah), islah (reformasi), awlawiyah (mendahulukan prioritas), tathawur wa ibtikar (dinamis dan inovatif), musawah (egaliter), dan Wataniyah wa Muwatanah, 2) proses pendidikan nilai moderasi beragama di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto diantaranya yaitu melalui madrasah diniyah; melalui metode pembelajaran transformatif yang merupakan integrasi salaf dan khalaf; melalui hidden curriculum yaitu pada habitus dan uswah; dan melalui pengembangan social and life skill santri, 3) implikasi pendidikan nilai moderasi beragama terhadap etika sosial santri di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto diantaranya yaitu: toleransi; penerimaaan terhadap tradisi dan kemajuan; menciptakan harmoni dan solidaritas sosial; komitmen kebersamaan dan kebangsaan; serta membentuk insan yang rahmatan lil ‘alamin. Kata kunci: Pendidikan Nilai Moderasi Beragama, Etika Sosial Santri, Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iis Sugiarti
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:54
Last Modified: 09 Jun 2022 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item