Kreativitas Santri Tahhfidz Dalam Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Ikhlas Aqhsol Madinah

Moh Irkham, Sarofi (2022) Kreativitas Santri Tahhfidz Dalam Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Ikhlas Aqhsol Madinah. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kreativitas Santri Tahfidz Dalam Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Ikhlas Aqhsol Madinah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Setiap santri dalam menghafal al-Qur’an tentu diperlukan adanya suatu sikap yang sikap tersebut membantu dalam keberhasilan menghafal al-Qur’an. Untuk itu dibutuhkan kreativitas dari seorang penghafal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kretivitas santri tahfidz dalam menghafal al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Ikhlas Aqhsol Madinah desa Majapura kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Dengan subjek penelitian meliputi santri tahfidz, pengurus, dan senior. Hasil penelitian kepada santri tahfidz dalam menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Ikhlas Aqhsol Madinah memiliki kreativitas, yaitu: 1) menghafal setiap malam dengan target satu halaman di tempat yang sepi dan hening. 2) menulis awal ayat tetapi dalam keadaan kenyang. 3) mengulangi hafalan pada saat shalat sunnah rawatib. 4) membuat jadwal. Dan 5) membuat tanda pada awal ayat. Kata Kunci: Kreativitas, Santri Tahfidz

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Santri, Tahhfidz
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Irkham Sarofi sdr
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:06
Last Modified: 08 Jun 2022 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item View Item