PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MATA PELAJARAN PAI "STUDI KASUS SMP NEGERI 7 PURWOKERTO"

Binti Rofingatun, Ningamah (2022) PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS MATA PELAJARAN PAI "STUDI KASUS SMP NEGERI 7 PURWOKERTO". Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-BINTI ROFINGATUN NINGAMAH-1817402180.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya pandemi Covid-19 yang menjadikan konsistensi pelaksanaan pembelajaran sekarang dengan sistem pembelajaran tatap muka khawatir terpapar virus covid-19. Namun, dengan adanya penurunan penyebaran covid-19 ini, pendidikan mencoba menerapkan pembelajaran tatap muka secara langsung tetapi masih terbatas. Sehingga setiap ada perubahan pasti harus ada inovasi baru untuk menyeimbangkan perubahan tersebut, namun perubahan itu pastinya tidak bisa langsung diseimbangkan, melainkan harus melalui banyak proses. Seperti hal nya media pembelajaran yang digunakan untuk proses adaptasi dengan sistem pembelajaran tatap muka terbatas ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana penggunaan aplikasi quizizz pada pembelajaran tatap muka terbatas mata pelajaran PAI di SMP Negeri 7 Purwokerto. Kualitatif merupakan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini, dan data yang disajikan secara deskriptif studi kasus. Pengumpulan data, peneliti mengggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, dan dalam proses analisis data peneliti melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penulisan hasil penelitian menggunakan acuan dari beberapa teknik tersebut agar hasil penelitian lebih mudah dipahami. Pembelajaran tatap muka terbatas di SMP Negeri 7 Purwokerto berjalan dengan baik dan menggunakan aplikasi quizizz dalam proses penilaian terutama pada mata pelajaran PAI. Hasil penelitian mengenai penggunaan aplikasi quizizz pada pembelajaran tatap muka mata pelajaran PAI menunjukkan bahwa : 1) aplikasi quizizz ini digunakan bukan sebagai sumber belajar, namun sebagai media evaluasi pembelajaran; 2) aplikasi quizizz adalah media pembelajaran yang berupa aplikasi interaktif yang menyenangkan yang didalamnya berupa kuis, server, game dan juga diskusi; 3) dalam penerapannya media pembelajaran ini sangat disukai siswa; 4) dari hasil penelitian, peneliti merasa bahwa aplikasi quizizz ini efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil prestasi siswa dibuktikkan dengan termotivasinya siswa dalam mengikuti pelajaran dan mengerjakan soal yang diberikan guru, selain itu nilai prestasi siswa juga meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Evaluasi Pembelajaran, Aplikasi Quizizz, PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Binti Rofingatun Ningamah sdri
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:39
Last Modified: 07 Jun 2022 06:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item