PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN,UPAH MINIMUM, DAN INFLASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA TAHUN 2016-2020

Sinta, Nur Kholipah (2022) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN,UPAH MINIMUM, DAN INFLASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DI INDONESIA TAHUN 2016-2020. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sinta Nur Kholipah_ Pengaruh Tingkat Pendidikan, Upah Minimum, dan Inflasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia Tahun 2016-2020.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyerapan tenaga kerja merupakan keseluruhan tenaga kerja yang terserap atau bekerja dan tersebar di seluruh sektor perekonomian. Penyerapan tenaga kerja dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal antara lain mencakup produktivitas tenaga kerja yang dapat dilihat dari tingkat pendidikan seseorang, modal, upah minimum dan pengeluaran non upah lainnya. Sedangkan secara eksternal sendiri dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, pengangguran dan tingkat bunga. Menurut Arsyad masalah ketenagakerjaan yang dapat berdampak pada pengangguran diantaranya: upah yang ditawarkan tidak sesuai, adanya inflasi sehingga perusahaan melakukan pengurangan tenaga kerja guna efesiensi, dan yang terakhir yaitu tidak sesuainya antara penawaran dengan kebutuhan atau kualifikasi dalam pasar tenaga kerja dengan kata lain sumber daya manusia yang dimiliki tidak sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan di dunia kerja. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada tiga faktor besar yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja antara lain tingkat pendidikan, upah minimum, dan inflasi. Tujuan dalam penelitian ini diantaranya untuk mengetahui pengaruh, baik secara parsial maupun simultan terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia Tahun 2016-2020. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Dengan teknik pengambilan sampel teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linear berganda. Sedangkan jenis data yang digunakan ialah data sekunder yang diakses melalui website resmi BPS. Hasil penelitian menujukan bahwa secara parsial tingkat pendidikan berpengaruh secara positif dan signifikan, upah minimum dan inflasi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia tahun 2016-2020. Selanjutnya secara simultan tingkat pendidikan, upah minimum, dan inflasi berpegaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Upah Minimum, Inflasi, dan Penyerapan Tenaga Kerja
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sinta Nur Kholipah sdri
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:19
Last Modified: 07 Jun 2022 06:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13762

Actions (login required)

View Item View Item