NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO

ALFIATIN, NIM. 1123301017 (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ALFIATIN_NILAI-NILAI PENDIDIKAN PROFETIK DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Nilai-nilai Pendidikan Profetik dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo. Hal yang menarik dari media film adalah karena film memikat banyak orang dan dalam film Sang Pencerah terdapat nilai-nilai pendidikan. Untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui “Bagaimana Nilai-nilai Pendidikan Profetik dalam Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramantyo.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan profetik dalam film sang Pencerah dan relevansinya di Sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Data dikumpulkan dan disajikan dalam bentuk kalimat naratif. Perolehan data dilakukan dengan menggali data dari sumber utama yaitu film Sang Pencerah, dan sumber sekunder yakni Hanung Bramantyo, pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah, keluarga besar Ahmad Dahlan secara langsung melalui wawancara, berkirim surat elektronik, telephone, maupun menggali datanya melalui video-video dan buku-buku lain yang representatif. Berdasarkan penelitian penulis, dapat diambil kesimpulan bahwa paradigma profetik didasarkan pada Quran Surat Ali-‘Imran ayat 110. Muatan pendidikan profetik dalam film Sang Pencerah terbagi menjadi tiga dimensi, pertama dimensi transendental, yaitu, yaitu (a) Ketauhidan, mengakui adanya kekuatan supranatural, (b) tawakal (doa dan sabar), (c) taqwa dan iman. Kedua dimensi Humanisasi yaitu, (a) toleransi, (b) kasih sayang dan anti kekerasan, dan (c) tabligh, menggunakan pendidikan humanis. Ketiga, dimensi Liberasi, yaitu (a) menegakkan keadilan dan kebenaran, (b) berani, (c) memberantas keterbelakangan sosial-ekonomi. Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Profetik dalam Film Sang Pencerah di Sekolah, yaitu berupa (1) Pendidikan Transendensi, di mana nilai spiritual menjadi sangat ditekankan untuk menyeimbangkan pengetahuan duniawi dan ukhrawi, (2) pendidikan Humanistik, di mana pendidikan diposisikan sebagai cara untuk mengangkat derajat dan martabat manusia sesuai dengan fitrahnya, dan (3) Pendidikan Liberasi, di mana pendidikan membebaskan manusia dari keterkekangan dan membantu manusia menghindari berbagai halangan yang membelenggu dalam proses pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Profetik, Film Sang Pencerah.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 20 Oct 2016 03:17
Last Modified: 20 Oct 2016 03:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1375

Actions (login required)

View Item View Item