Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 2 Babakan Kalimanah Purbalingga

Tarsini, Tarsini (2022) Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 2 Babakan Kalimanah Purbalingga. Masters thesis, UIN Saizu Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_Tarsini- Ujian ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran ekspositori merupakan pembelajaran yang berpusat pada guru. Guru sebagai sumber ilmu harus menguasai materi yang akan diajarkan. Paradigma saat ini, pendidikan berpusat pada anak didik. Namun demikian, pembelajaran ekspositori dapat menjadi salah satu strategi yang digunakan di kelas. Sebagaimana diketahui, setiap strategi pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini didasarkan pada kondisi, situasi dan kebutuhan anak didik di kelas. Pada mata pelajaran IPS di MI Muhammadiyah 2 Babakan, Purbalingga, pembelajaran ekspositori ini menjadi salah satu solusi atas kondisi siswa dan waktu yang sempit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada pelajaran IPS siswa kelas IV MI Muhammadiyah 2 Babakan Kalimanah Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan field research, di mana peneliti langsung melaksanakan penelitian di lapangan. Lokasi penelitian terletak di MI Muhammadiyah 2 Babakan Purbalingga. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan anak didik kelas IV. Obyek penelitian yang diambil adalah penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan model Miles and Huberman, dimulai dari mereduksi data, menyajikan data, hingga menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, baik triangulasi sumber maupun teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran ekspositori di MI Muhammadiyah 2 Babakan sudah lama dilakukan atas dasar kebutuhan, kondisi siswa dan kurangnya waktu dalam memenuhi seluruh materi. Pada evaluasi pembelajaran penerapan strategi pembelajaran ekspositori terdiri dari tiga hal penting yaitu perencanaan, berupa RPP, pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran, pada tahap pelaksanaan ini guru mengawali dengan mempersiapkan materi yang perlu dikuasai, mengecek kesiapan peserta didik, memperhatikan intonasi suara, menggunakan joke-joke untuk menarik anak dan pandangan guru pada siswa dengan penuh perhatian. Guru juga memadukan materi yang diajarkan dengan gambar atau ppt sesuai kebutuhan dalam pembelajaran. Pada tahap evaluasi dan penilaian dwengan menggunakan tes lisan serta tes tertulis dan juga portopolio, hasil tes tertulis hasil belajar peserta didik menggunakan strategi ini dari tahun ke tahun semakin meningkat dilihat dari dokumen nilai, kemudian akan ditindak lanjuti dengan menerapkannya pada kelas lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekspositori, IPS, Madrasah Ibtidaiyah, danb Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: TARSINI TARSINI sdri
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:37
Last Modified: 03 Jun 2022 07:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13739

Actions (login required)

View Item View Item