KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAISIRUL KHOLAQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH

Nofita, Putri Arifiana (2022) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TAISIRUL KHOLAQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nofita Putri Arifiana_Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Taisirul Kholaq dan Relevansinya terhadap Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah...pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan substansi dari pendidikan Islam yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dimana Akhlak merupakan buahnya dari Islam. Ilmu akhlak adalah ilmu yang membahas perbaikan hati dari seluruh indera manusia. Tujuannya adalah untuk menjalankan segala nilai moral yang baik dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang buruk. Yang menghasilkan perbaikan hati dan seluruh indera manusia di dunia dan mendapatkan tingkat tertinggi di akhirat yaitu Surga-Nya. Dari latar belakang di atas, sangat penting untuk melakukan penelitian dari isi Kitab Taisirul Kholaq secara mendalam. Karena di dalamnya berisi pendidikan akhlak yang dapat dijadikan rujukan dalam melaksanakan aktifitas beribadah dan medekatkan diri kepada Allah swt. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Konsep Pendidikan Akhlak yang terkandung dalam Kitab Taisirul Kholaq karya Hafidz Hasan al-Mas’udi dalam penerapannya di dalam pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam Kitab Taisirul Kholaq karya Hafidz Hasan al-Mas’udi menggunakan konsep pembahasan terkait ketaqwaan, adab guru dan murid, adab kepada diri sendiri dan orang lain, adab sehari-hari, akhlak al-Mahmudah (terpuji) dan akhlak al-Madzmumah (tercela) yang mana dapat digunakan sebagai sumber belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Seperti materi akhlak kepada Allah Swt bisa di terapkan di kelas 1 semester I, kelas 2 semester I dan kelas 6 semster I. Adab guru dan murid di kelas 1 semester II dan kelas 2 semester II. Akhlak kepada diri sendiri dan orang lain, seperti hubungan anak dan orang tua diterapkan di kelas 3 semester I, adab bertetangga di kels 5 semester II, adab pergaulan di kelas 5 semester ii dan kelas 3 semester II. Adab sehari-hari, yaitu adab di majlis ilmu terapkan di kelas 1 semester II dankelas 2 semester II, adab makan, minm dan tidur di kelas 1 semester I. Adab dalam masjid kelas 4 semester II, kebersihan di kelas 1 semester I dan kelas 1 semester II, akhlak terpuji dan tercela, seperti materi jujur di kelas 2 semester II, materi amanan kelas 4 semester II, dermawan kelas 5 semester II, rendah hati kelas 2 semester I, adil kelas 6 semester I, Hasud kelas 3 semester I dan sombong kelas 2 semester I. Kata kunci : Konsep Pendidikan akhlak, Kitab Taisirul Kholaq. MORAL EDUCATION CONCEPT IN THE BOOK TAISIRUL KHOLAQ BY HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI AND RELEVANCE TO BASIC EDUCATION Nofita Putri Arifiana 1717405069 ABSTRACT Moral education is subtance of Islam education is very important in a life human. Whare moral is result form Islam. moral science is a science that discusses improvement of the heart of all human senses. The goal is to crry out all good moral values and stay away from bad deeds. Which result in heart repair and all human senses in the world and get the highest level in the hereafter in heaven of Allah. From the above background, is very important to conduct research from contenets in the book Taisirul Kholaq in depth. Because in contains moral education which can be used a referebce in carrying out worship activities and get closer to Allah SWT. As for the purpose of this researce is to find out how moral education contained in the book Taisirul Kholaq by Hafidz Hasan al-Mas’udi in its application in basic education. This study used qualitative research methods with the type of library research. Data collection metod with documentation method. The results of this study show that the concept of moral education in the book Taisirul Kholaq by Hafidz Hasan al-Mas’udi use the concept of discussion related to piety, teacher and student etiquette, etiquette to self and others, daily manners, good manners and bad manners, which one can be used as a source of student learning in the learning prosess at school. Such as moral material to Allah SWT can be applied in class 1 semester II, class 2 semester II and class 6 semester II. The etiquette of teachers and students in class 1 semester II and class 2 semester II. Morals towards oneself and others, such as the relationship between children and parents are applied in class 3 semester I, neighborly manners in class 5 semester II, social etiquette in class 5 semester II and class 3 semester II. Daily etiquette, namely etiquette in the science council applied in class 1 semester II and class 2 semester II, etiquette for eating, drinking, and sleeping in class 1 semester I. Morals in mosque in class 4 semester II, cleanliness in class 1 semester I and class 1 semester II, safe material in class 4 semester II, generous in class 5 semester II, humble in class 2 semester I, fair in class 6 semester I, Hasud in class 3 semester I, and arrogant in class 2 semeser I. Keywords: Moral Education Concept, Taisirul Kholaq book.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan akhlak, Kitab Taisirul Kholaq
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.1 Ilmu Hadits (Termasuk Mustalah Hadits)
2x4. Fiqih > 2x4.9 Aspek Fiqih lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Nofita Putri Arifiana
Date Deposited: 25 May 2022 06:07
Last Modified: 25 May 2022 06:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13673

Actions (login required)

View Item View Item