Ittakhidah, Uhuwah (2022) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB MUQADDIMAH KARYA IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS 3 MI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
SKRIPSI ITTA Cetak 2.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dengan memeriksa suatu pemecahan terhadap konsep pendidikan karakter Ibnu Khaldun melalui kitab Muqaddimah, dapat dibuktikan dari peradaban dunia, pemikiran Islam merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan. Wawasan pengetahun Ibnu Khaldun mengenai pendidikan karakter harus dikaji secara mendalam dengan cara meneliti kembali pendidikan karakter yang islami. Pentingnya penerapan pendidikan karakter yang diterapkan sejak dini dapat menghasilkan jiwa positif dalam diri peserta didik. Mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah merupakan mata pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan peserta didik melalui perilaku yang terpuji. Hal tersebut menjadi salah satu media bagi pendidik dalam membangun karakter yang baik bagi peserta didik yang diterapkan sejak dini. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan) dengan ditinjau dari segi pengumpulan data yang merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metodologi yang digunakan oleh peneliti adalah metodologi historis-faktual. Metode pengumpulan data yang peneliti terapkan dalam penelitian tersebut yaitu melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis) dan metode deskriptif-analisis. Hasil dari penelitian yaitu: pendidikan karakter menurut Ibnu Khaldun yaitu bentuk tujuan utama pendidikan dengan menciptakan manusia yang berkepribadian luhur. pembentukkan karakter dalam kitab Muqaddimah dalam dilakukan dengan cara mempelajari Al Qur’an dan Hadits, berpuasa, lingkungan yang baik, mengajarkan tata krama yang baik, tidak berlebihan, sikap lembut terhadap anak. Pendidikan karakter menurut Ibnu Khaldun dalam Kitab Muqaddimah menunjukkan begitu relevan dengan pelajaran Akidah Akhlak kelas 3 MI, di mana disetiap pendidikan yang dilakukan berpijak pada Al Qur’an dan Hadits dengan memiliki sikap taat kepada Allah, Rasul, orang tua dan guru, memiliki adab yang baik, selalu bersyukur dalam kondisi apapun dan senantiasa mendapatkan kasih sayang. Pemikiran pendidikan Ibnu Khaldun berorientasi dengan mengutamakan Al Qur’an dan Hadits yang dijadikan untuk mendapat pengetahuan yang lainnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, Ibnu Khaldun, Muqaddimah, Akidah Akhlak |
Subjects: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ittakhidah Uhuwah sdri |
Date Deposited: | 25 May 2022 01:11 |
Last Modified: | 25 May 2022 01:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13669 |
Actions (login required)
View Item |