PEMBELAJARAN IPS TEMA KEWIRAUSAHAAN MELALUI MARKET DAY KELAS VI DI SD IT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Yuni, Isnaeni (2022) PEMBELAJARAN IPS TEMA KEWIRAUSAHAAN MELALUI MARKET DAY KELAS VI DI SD IT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Masters thesis, UIN saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
YUNI ISNAENI_PEMBELAJARAN IPS TEMA KEWIRAUSAHAAN MELALUI MARKET DAY KELAS VI DI SD IT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran belum banyak lembaga sekolah dasar yang mengintegrasikan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tema kewirausahaan melalui market day melalui benyak kegiatan nyata. Market day merupakan suatu program yang memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik melalui praktek langsung dengan berbagai bentuk kegiatan usaha mandiri. Adapun SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga telah memiliki program market day sebagai bentuk pembelajaran nyata dalam mengembangkan life skill (ketrampilan) pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam (deep interview) dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Pemerikasaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran IPS tema kewirausahaan melalui market day kelas enam SD IT Alam Harapan Ummat Purbalingga Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran ilmu pengetahuan sosial tema kewirausahaan melalui market day melalui beberapa tahapan yaitu sebagai berikut: 1) Pengelolaan kegiatan market day, 2) maksud dan tujuan yang akan dicapai, 3) kurikulum pembelajaran IPS melalui market day, 4) perencanaan pembelajaran IPS, 5) Pelaksanaan pembelajaran IPS 6) Produk yang dihasilkan dalam market day. Dasar-dasar potensi perkembangan peserta didik melalui pembelajaran market day diantaranya adalah kreatif dan inovatif, mandiri, percaya diri, bertanggung jawab, memiliki motif berprestasi, berani menanggung resiko, kerjasama, dan leadership. 2) Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui market day melatih menumbuhkan minat enterpreuner peserta didik. 3) Dalam pelaksanaan market day siswa juga menerapkan materi pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang diperoleh yakni tentang (1) mengenal pengertian jual beli, (2) mengenal uang sebagai nilai tukar dan (3) mengenal strategi jual beli.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: IPS, Market Day, Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuni Isnaeni sdri
Date Deposited: 24 May 2022 02:19
Last Modified: 24 May 2022 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13665

Actions (login required)

View Item View Item