ANALISIS STRATEGI PROMOSI DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL PADA KEDAI KOPI SAYANG DI KABUPATEN PURBALINGGA PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH

KHOIDATUM, ULFANA (2022) ANALISIS STRATEGI PROMOSI DIGITAL MELALUI MEDIA SOSIAL PADA KEDAI KOPI SAYANG DI KABUPATEN PURBALINGGA PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khoidatum Ulfana_Analisis Strategi Promosi Digital Melalui Media Sosial Pada Kedai Kopi Sayang Di Kabupaten Purbalingga Perspektif Marketing Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada aktivitas yang penting dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Dengan semakin pesatnya persaingan usaha dan didukung oleh kemajuan teknologi saat ini, mengharuskan para pelaku usaha untuk bisa menyesuaikan diri dengan melakukan serangkaian strategi promosi melalui pemanfaatan teknologi berupa media sosial. Promosi sendiri bertujuan untuk memperkenalkan produk secara luas kepada calon konsumen. Adapun kegiatan promosi melalui media sosial dapat dilakukan dengan media instagram, facebook, whatsapp dan lain-lain yang tentunya harus sesuai dengan kaidah-kaidah marketing syariah yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research dimana pengumpulkan data dilakukan secara langsung di lapangan untuk mengadakan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisisnya penelitian ini menggunakan metode Miles & Hubermen yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dalam prakteknya Kedai Kopi Sayang yang ada di Kabupaten Purbalingga dalam kegiatan promosi di media sosialnya menggunakan instagram, facebook dan whatsapp. Strategi promosi yang dilakukan di media sosial sesuai dengan konsep 4C dari Chris Heuer meliputi: conteks dalam promosi dibuat dengan melakukan pemilihan desain foto yang akan di posting serta pemberian caption yang unik. Communication dibangun dengan menyampaikan informasi produk secara jelas mulai dari varian produk, promo yang tersedia serta lokasi kedai Kopi Sayang. Collaboration dengan pelanggan di media sosial dibentuk dengan merespon pelanggan berupa membalas komentar dari pelanggan dan merespost story pelanggan yang mentag instagram Kopi Sayang. Connection pun terbentuk dengan sendirinya melalui respon baik yang telah dilakukan oleh pemilik Kopi Sayang kepada pelanggan. Strategi promosi melalui media sosial yang dijalankan pun sudah sesuai dengan konsep marketing syariah dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran dan keadilan serta selalu memberikan inovasi dan kreativitas dalam promosinya sesuai dengan 4 sifat rasulullah yaitu shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi Digital, Media Sosial, Marketing Syariah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khoidatum Ulfana sdri
Date Deposited: 24 May 2022 06:32
Last Modified: 24 May 2022 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13653

Actions (login required)

View Item View Item