Problematika Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VC MI Attaqwa 06 Kebalen Bekasi

Resnadila, Agustina (2022) Problematika Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VC MI Attaqwa 06 Kebalen Bekasi. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Resnadila Agustina - 1717403078.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Mempelajari bahasa merupakan pekerjaan yang panjang dan kompleks, serta bukanlah serangkaian langkah mudah yang bisa diamati atau di program dalam sebuah panduan ringkas. Begitu banyak permasalahan yang tidak sederhana dalam bahasa. Sebab, di dalamnya meyangkut fenomena-fenomena yang bisa dipecah menjadi ribuan bagian yang terpisah-pisah maupun tersusun. Begitu pula bahasa Arab, dalam mempelajarinya pasti banyak problem yang muncul. Pembelajaran bahasa Arab sudah lama dilakukan di Indonesia namun hasilnya belum sepenuhnya maksimal. Problem pengajaran bahasa Arab tersebut sekarang sangat perlu mendapatkan penanganan serius khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab keterampilan menulis. Berdasarkan latar belakang yang penulis paparkan, masalah yang penulis pilih untuk dijadikan fokus dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Problematika Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas VC MI Attaqwa 06 Kebalen Bekasi. Penelitian yang telah penulis lakukan adalah jenis penelitian lapangan (field-Research) yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan permasalahan yang ada, sesuai dengan data yang ditemukan di lapangan (deskriptif), ini dikarenakan permasalahan yang belum jelas dan komplek, selain itu peneliti juga bermaksud ingin memahami situasi sosial secara mendalam. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Kemudian untuk pengambilan sample sumber data dilakukan secara purposiv dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian problematika keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas V dapat diketahui dari dua segi yaitu problematika segi linguistik dan problematika segi non linguistik. Dari problematika segi linguistik siswa mengalami kesulitan dalam membedakan bunyi huruf hijaiyah yang bunyi makhrajnya hampir sama, siswa sulit dalam menyambung huruf, dan siswa sulit dalam mengharakatinya, kesulitan-kesulitan ini terjadi saat guru sedang mengimla’kan mufradat kepada mereka. Dari segi non linguistik problematika keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas V adalah meliputi problem fisiologi yakni terkait dengan keadaan fisik atau jasmani setiap siswa yang sedang belajar, termasuk kelelahan, kurang bergairah, semangat menurun, dan kurang sehat. Selanjutnya adalah problem psikologi yaitu meliputi bakat, kecerdasan, dan motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Keterampilan Menulis, Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Resnadila Agustina
Date Deposited: 23 May 2022 01:04
Last Modified: 23 May 2022 01:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item View Item