IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI PONDOK PESANTREN MODERN DAARUL FALAAH MERDEN PURWANEGARA BANJARNEGARA

Sri, Mulyani (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI PONDOK PESANTREN MODERN DAARUL FALAAH MERDEN PURWANEGARA BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SRI MULYANI-IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HOLISTIK INTEGRATIF DI PONDOK PESANTREN MODERN DAARUL FALAAH MERDEN PURWANEGARA BANJARNEGARA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di pesantren bertujuan untuk membangun generasi muslim yang sesuai dengan nilai agama Islam serta mendidik agar menjadi seseorang yang bernilai bagi agama, masyarakat, dan bangsa. Namun pada realitasnya, peran pesantren dikatakan belum maksimal karena pengorganisasiannya yang masih kurang serta penyelenggaraan pesantren masih apa adanya dan belum diselaraskan dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Pada satu aspek keilmuan tertentu memberikan penekanan yang terlalu berlebihan, sehingga aspek keilmuan lainnya terabaikan. Selain itu, pembelajaran ilmu umum di pesantren juga belum diselenggarakan dengan baik yang menyebabkan terbatasnya kemampuan santri. Padahal, pesantren juga harus berupaya untuk mengombinasikan pendidikan agama, pendidikan umum, dan lingkungan sekitarnya, seperti di Pondok Pesantren Modern Daarul Falaah Merden. Kurikulum Pondok Pesantren Daarul Falaah Merden ini mengintegrasikan kurikulum diniyah pesantren dan kurikulum pendidikan formal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam holistik integratif di Pondok Pesantren Modern Daarul Falaah Merden Purwanegara Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang mana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk menggali data. Sifat penelitian ini yaitu deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya, penulis mendeskipsikan dan menganalisis bahwa implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam holistik integratif di Pondok Pesantren Modern Daarul Falaah Merden diselenggarakan dengan mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam dengan ilmu umum, seperti Sains, Sosiologi, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, serta Pendidikan Multikultural. Di dalam pembelajaran pun bukan hanya menonjolkan pengetahuan atau teori saja, tetapi berusaha membentuk sikap dan keterampilan santri. Terdapat juga kegiatan pendukung pembelajaran, yaitu: Salat berjamaah, tadarus, halaqah, puasa senin kamis, khitobah, lomba antar santri, ekstrakurrikuler (tilawah, vocal group, kaligrafi, public speaking, jurnalistik, futsal/sepak bola, dan tapak suci), menonton film bersama, dan muhadasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Holistik Integratif, Pondok Pesantren.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Mulyani
Date Deposited: 19 May 2022 06:27
Last Modified: 19 May 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13627

Actions (login required)

View Item View Item