PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMA NEGERI 1 SUMPIUH

Khafifatul, Fian (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI DI SMA NEGERI 1 SUMPIUH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khafifatul Fian_Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar PAI di SMA Negeri 1 Sumpiuh.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran adalah langkah guru dalam menyampaikan materi bahan ajar sehingga siswa diharapkan mampu untuk memahami terkait materi yang telah disampaikan. Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini, guru diharuskan untuk mampu memilih metode apa yang digunakan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan saat ini adalah metode flipped classroom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik quasi experimental design kategori nonequivalent control group design. Penelitian eksperimen adalah jenis penelitian yang digunakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan tertentu terhadap objek penelitian dalam kondisi yang terkendalikan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIPA 1 yang berperan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XII MIPA 2 yang berperan sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 67 siswa. Analisis data yang digunakan pada penelitian yaitu dengan menggunakan analisis data N-gain score. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok eksperimen skor rerata pre-test diperoleh sebesar 84,46 setelah diberikan perlakuan diperoleh skor rerata post-test sebesar 89,03. Pada kelompok kontrol skor rerata pre-test diperoleh sebesar 82,16 setelah diberikan perlakuan diperoleh skor rerata post-test sebesar 85,84. Dilihat dari N-gain score untuk kelompok eksperimen diperoleh sebesar 0,3024 sehingga termasuk kategori sedang berdasarkan aktivitas siswa yang meliputi keaktifan siswa melihat atau menyimak video pembelajaran, keaktifan siswa saat diskusi kelompok, kemampuan siswa dalam memahami materi dan kemampuan siswa dalam membuat review materi presentasi. Sementara N-gain score pada kelompok kontrol diperoleh sebesar 0,1554 sehingga termasuk kategori rendah berdasarkan aktivitas siswa yang meliputi respon siswa saat pengajar menyampaikan materi, pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, keaktifan siswa dalam diskusi dan keantusiasan siswa dalam mengerjakan tugas. Berdasarkan data tersebut peningkatan belajar siswa dengan metode flipped classroom lebih tinggi dari pada peningkatan belajar siswa dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, prestasi belajar, PAI, SMA Negeri 1 Sumpiuh
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khafifatul Fian sdr
Date Deposited: 19 May 2022 01:33
Last Modified: 19 May 2022 01:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item