EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING TEMATIK PADA SISWA KELAS V DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Naufal, Abdul Azis (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING TEMATIK PADA SISWA KELAS V DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NAUFAL ABDUL AZIS_EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN DARING TEMATIK PADA SISWA KELAS V DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring tematik pada kelas V di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan posttest only-control design, yang menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V Al-Fath dan An-Najm Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik sampling menggunakan Random Sampling dengan semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama sebagai responden. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa multiple-choice, yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas isi dan uji validitas butir soal serta uji reliabilitas soal. Proses penelitian yang dilakukan yaitu responden diberikan posttest untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebanyak tiga tema yang ada pada pembelajaran tematik kelas V. Tema yang digunakan antara lain tema pentingnya udara bersih bagi kesehatan, tema bagaimana tubuh mengelola makanan dan tema peredaran darahku sehat yang telah diuji expert judgment oleh dosen pembelajaran tematik. Dengan tujuan ada tidakkah perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan aplikasi quizizz dengan yang tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan uji t dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka diputuskan H0 ditolak, sehingga H1 dapat diterima. Keputusan tersebut membuktikan terdapat perbedaan penilaian harian pembelajaran tematik antara yang menggunakan aplikasi quizizz dan yang tidak. Selanjutnya, sesuai hasil pengujian n-gain score dengan nilai rata-rata kelas Eksperimen yaitu 81.36 dan kelas Kontrol yaitu 51.43. Dengan demikian, rata-rata nilai dari kelas eksperimen dapat ditafsirkan efektif dan kelas kontrol dapat ditafsirkan kurang efektif. Maka penggunaan aplikasi quizizz ini sebagai media pembelajaran efektif untuk menunjang penilaian harian siswa kelas V di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Kata Kunci : efektivitas, aplikasi quizizz, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, aplikasi quizizz, pembelajaran tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Naufal Abdul Aziz sdr
Date Deposited: 19 May 2022 01:48
Last Modified: 19 May 2022 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item