Manajemen Masjid Berbasis Wisata Religi dan Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Masjid Akidah Deaa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang)

Nur, Chotib (2022) Manajemen Masjid Berbasis Wisata Religi dan Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Masjid Akidah Deaa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB_I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR CHOTIB__Manajemen Masjid Berbasis Wisata Religi dan Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Masjid Akidah Desa Nyalembeng Kec Pulosari Kab Pemalang).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan masjid menjadi sangat penting dalam pemberdayaan ekonomi umat Islam untuk setiap aspej kehidupannya. Pada umumnya masjid digunakan untuk melaksanakan kegiatan ibadah ritual saja seperti shalat berjamaah, dzikir, membaca Al-Quran, dan berdoa tetapi Masjid Akidah di Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang memiliki kreativitas dan digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial, keagamaan, kebudayaan dalam upaya mengembangkan masyarakat Islam. Masjid juga dikembangkan sebagai wisata religi dan ekonomi kreatif. Pengembangan wisata religi dapat berupa kegiatan pemeliharaan dan pembangunan masjid, makam ulama, serta sarana dan prasarana maupun fasilitas yang lain. Seperti pada Masjid Akidah di Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Oleh karena itu oenting untuk mengetahui bagaimana realisasi dari manajemen masjid tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research yang bersifat kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelutian yang dimaksud untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala yang ada, yakni keadaan menurut apa adanya pada saat penelitiN dilakukan. penelitian ini diambil dari pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Adapun hasil penelitian yang diperoleh, bahwa manajemen masjid berbasis wisata religi dan ekonomi kreatif di Masjid Akidah Desa Nyalembeng Kecamatan pulosari Kabupaten Pemalang menggunakan empat fungsi manajemen yaitu POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling). Sebagai wisata religi, Masjid Akidah menggunakan empat fungsi wisata religi yaitu, memberi kesegaran dan semangat hidup baik jasmani maupun rohani, sebagai tempat ibadag, shalat, dzikir dan berdoa, sebagai tempat aktivitas keagamaan, sebagai salah satu tujuan wisata-wisata umat Islam, sebagai peningkatan kualitas dan ibrah. Masjid Akidah berbasis ekonomi kreatif menggunakan tiga dasar ekonomi krwatif yaitu, kreativitas, inovasi dan penemuan. Selain itu dengan oengadaan kegiatan-kegiatan keagamaan. Adapun yanv terakhir pembukaan lahan untuk menjual produl lokal bagi warga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid, Wisata Religi, Ekonomi Kreatif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.2 Manajemen Pabrik
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: NUR CHOTIB sdr
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:32
Last Modified: 22 Apr 2022 06:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item