Pengaruh Ekspor Utang Luar Negeri dan Penanaman Modal Asing Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia (Studi Pada Produk Domestik Bruto Periode 2015-2020)

Apriliya, Nurul Mawadah (2022) Pengaruh Ekspor Utang Luar Negeri dan Penanaman Modal Asing Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia (Studi Pada Produk Domestik Bruto Periode 2015-2020). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Apriliya Nurul Mawadah_1717201004_Pengaruh Ekspor Utang Luar Negeri dan Penanaman Modal Asing Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia (Studi Pada Produk Domestik Bruto Periode 2015-2020).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui pencapaian suatu perekonomian selama periode tertentu dan biasa direpresentasikan oleh PDB. Tingkat pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh berbagai faktor, namun penelitian ini hanya akan berfokus untuk menguji pengaruh ekspor, utang luar negeri dan penanaman modal asing terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dihimpun dari website resmi BPS, BI dan BKPM yang kemudian diuji menggunakan aplikasi SPSS 24.0. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Regresi linear sederhana digunakan untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh variabel secara parsial sedangkan analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh secara simultan. Hasil dari analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa ekspor, utang luar negeri dan penanaman modal asing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa ekspor, utang luar negeri dan penanaman modal asing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekspor, Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing, Pertumbuhan Ekonomi, Produk Domestik Bruto
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Apriliya Nurul Mawadah
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:05
Last Modified: 27 Apr 2022 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13455

Actions (login required)

View Item View Item